nusabali

SMAN 2 Amlapura Juara Lomba Poster

  • www.nusabali.com-sman-2-amlapura-juara-lomba-poster

AMLAPURA, NusaBali - Regu SMAN 2 Amlapura menyabet gelar Juara I Lomba Poster Tingkat SMA digelar FK Universitas Lampung (Unila) 2023.

Juara diraih dalam final di Aula FK Unila, Sabtu (7/10). Regu ini menampilkan judul Drama Bali hingga membukukan skor tertinggi, 8,96.

Regu SMAN2 berhak atas trofi dan uang pembinaan Rp 1 juta. Lomba poster bertema Mental Health (kesehatan mental). "Awalnya ragu-ragu menampilkan drama Bal, dengan menggambarkan penderita depresi, berikut solusinya, tampil dalam bentuk tarian," jelas Kapten Regu Ni Kadek Nadine Aneila Daniswari, bersama rekannya Ni Kadek Ayu Rasti di SMAN 2 Amlapura, Jalan Untung Surapati Amlapura, Selasa (10/10).

Ternyata, lanjut Ni Kadek Nadine, drama tari yang dia bawakan berdua mampu membius dewan juri, sesuai dengan tema dalam poster, yang berjudul, cegah depresi lakukan meditasi. "Saya hanya berbekal pengalaman pernah juara III Lomba Poster di Universitas Warmadewa Denpasar, Mei lalu, di luar dugaan menjadi yang terbaik mengalahkan peserta SMA se-Indonesia," tambah siswi kelas XII IPA 2, asal Banjar/Desa Gegelang, Kecamatan Manggis ini.

Ni Kadek Nadine menceritakan awalnya mendapatkan informasi ada Lomba Poster Tingkat SMA di FK Unila dari istagram. Selanjutnya, dia berkoordinasi dengan rekannya Ni Kadek Ayu Rasti, kelas XII IPA1. 

Berlanjut berbagi tugas. Ada yang mendesain gambar, menyusun teks agar sesuai tema, mencari referensi di internet agar materi benar-benar valid. Hasil karya pun tertuang dalam poster berjudul Cegah Depresi Lakukan Meditasi. Selanjutnya, menyetor poster awal Oktober, kemudian dinyatakan masuk final atau 10 besar, Sabtu (7/10). 

Saat malam final itu, masing-masing peserta mempresentasikan hasil karya. Dalam poster itu ada sejumlah pesan dan edukasi. Di antaranya, berisi panduan tentang apa itu depresi atau penyakit ditandai rasa sedih berkepanjangan. Ada juga pesan bahwa perempuan lebih rentan kena depresi ketimbang laki-laki. Oleh karena itu, cegah depresi dengan cara bermeditasi, makan makanan bergizi, enyahkan pikiran negatif, dekatkan diri pada keluarga, ikuti kegiatan positif, tidur cukup, alkohol dihindari, segara konsultasi pada ahli dan ingat rutin olahraga. 

"Meditasi yang saya tuangkan, bukan dalam arti melakukan penyatuan pikiran untuk mencapai sesuatu. Tapi, lebih pada implementasi tata cara cegah depresi," katanya.

Ni Kadek Ayu Rasti, juga tidak menyangka hasil karyanya menjadi yang terbaik. "Prestasi ini akan kami tularkan ke adik-adik kelas, agar prestasi tidak terhenti sampai di sini," jelas alumnus SMPN 1 Abang asal Banjar Basangalas, Desa Tribuana, Kecamatan Abang ini.

Wakasek Humas SMAN 2 Amlapura Ni Luh Sudewi SPd MPd mengapresiasi prestasi anak didiknya itu, yang turut mengantar saat lomba di FK Unila. "Saya sudah pesan, agar menularkan prestasi itu kepada adik kelas, terutama kepada yang berbakat bidang desain poster," pintanya. 7k16

Komentar