nusabali

Cegah Kebakaran Sampah, DLH Siagakan Mobil Tangki Air

  • www.nusabali.com-cegah-kebakaran-sampah-dlh-siagakan-mobil-tangki-air

TABANAN, NusaBali - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tabanan siagakan tangki kapasitas 5.000 liter di TPA Mandung, Desa Sembung Gede, Kecamatan Kerambitan.

Upaya itu dilakukan bagian dari mencegah kebakaran tumpukan sampah di tengah musim kemarau sekarang. Selain menyiagakan ribuan liter air, petugas juga melakukan ronda seputaran sampah TPA Mandung mencegah terjadinya kebakaran. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabanan I Gusti Putu Ekayana mengatakan, antisipasi mobil tangki air telah dilakukan sejak dua pekan lalu. Termasuk menyediakan petugas ronda tersebut. "Kami juga melarang seluruh petugas yang ada di TPA untuk membakar sampah, bahkan merokok pun tidak boleh,” ujarnya, Senin (9/10).

Disebutkan selain antisipasi itu, tegas Ekayana pihaknya juga telah mengoptimalkan penyemprotam eco-enzyme untuk mempercepat proses pembusukan sampah. "Kami lakukan penyemprotan itu juga untuk mengurangi bau di sekitaran tumpukan sampah," akunya. 

Di sisi lain dengan rata-rata sampah yang dikirim ke TPA Mandung sebanyak 90-100 ton per hari, Ekayana menegaskan TPA hanya bertahan 6 bulan sampai 1 tahun ke depan. Agar hal ini tidak sampai terjadi, keberadaan TPS3R terus digencarkan, sehingga nantinya persoalan sampah selesai di sumbernya dan hanya residu yang akan dibawa ke TPA.

"Ini yang masih terus kita coba gerakkan, terkait pengelolaan sampah berbasis sumber kalau tidak begitu Tabanan darurat sampah karena TPA Mandung hanya bisa bertahan 6 bulan sampai 1 tahun kedepan jika rata rata sampah rumah tangga yang dikirim mengalami peningkatan," tandasnya. 7des

Komentar