nusabali

RMU Tibu Beleng Rampung Akhir November

  • www.nusabali.com-rmu-tibu-beleng-rampung-akhir-november
  • www.nusabali.com-rmu-tibu-beleng-rampung-akhir-november

NEGARA, NusaBali - Bupati Jembrana I Nengah Tamba kembali memantau proses pembangunan rice milling unit (RMU) di Subak Tibu Beleng, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Minggu (8/10).

Sesuai hasil penjajakan tersebut, pembangunan RMU dari salah satu BUMN ini ditargetkan rampung pada akhir November 2023.

Dalam kunjungannya, Bupati Tamba didampingi Kadis Pertanian dan Pangan I Wayan Sutama, Camat Mendoyo I Komang Dhiyatmika serta Perbekel Penyaringan I Made Dresta. Progres pembangunan RMU yang dikerjakan mulai akhir bulan Februari 2023 lalu ini, dinyatakan sudah mencapai 80 persen. 

"Hingga saat ini progres pembangunan telah mencapai 80 persen, dan ditargetkan fisik bangunan rampung pada akhir Oktober. Dan untuk mesin akan rampung di akhir November 2023," ujar Bupati Tamba.

Selain pembangunan RMU, Bupati Tamba menjelaskan, di kawasan yang sama juga sedang dibangun gedung BUMDes Nusantara bersama dengan balai subak Tibu Beleng. Bupati Tamba menginginkan gedung BUMDes Nusantara dapat dimanfaatkan secara maksimal.

"Di sini kita bangun BUMDes Nusantara bergabung dengan Balai Subak Tibu Beleng. Di sini pemandangan sangat luar biasa. Di sini sangat cocok untuk dikelola oleh anak-anak muda seperti dengan adanya coffee shop," ucap Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Tamba juga berencana membuat jalur untuk wisata di tengah persawahan. Sehingga masyarakat yang berkunjung, selain menikmati keindahan alam, juga sekaligus dapat belajar dengan ekosistem yang ada di sawah.

"Di sini akan kita buatkan track mungkin 3-4 kilometer untuk mengedukasi anak-anak untuk mengenal alam. Untuk melihat makhluk hidup yang ada di sawah," ucap bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini. 7ode

Komentar