nusabali

Empat Jembatan Tabanan Hampir Tuntas

Target Akhir Desember 2023

  • www.nusabali.com-empat-jembatan-tabanan-hampir-tuntas

Pengerjaan empat jembatan dengan anggaran sekitar Rp 30 miliar berjalan lancar, terutama didukung dengan cuaca panas.

TABANAN, NusaBali
Empat jembatan yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Tabanan,  terus berproses. Per tanggal 3 Oktober 2023, progres pengerjaan masing-masing jembatan telah mencapai rata-rata 50 persen, bahkan ada yang telah melebihi target.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPRKP) Tabanan, I Made Dedy Darmasaputra mengatakan, progres pengerjaan jembatan sedang berjalan dengan lancar. Secara total, pengerjaan sudah mencapai 50 persen. "Ada juga yang sudah mencapai 60 persen," ujarnya, Rabu (3/10).

Dia pun optimis pengerjaan empat jembatan ini sesuai target akhir Desember 2023. "Pengerjaan secara total sudah selesai di kontruksi bawah. Kita berharap seluruhnya lancar," imbuh Dedy Darmasaputra.

Dia pun mengaku selama pengerjaan belum ditemui kendala mengambat pengerjaan. Selain itu yang terpenting adalah cuaca sangat mendukung sehingga pengerjaan tidak tersendat. "Sekarang juga tengah musim panas, jadi tidak ada cuaca yang menganggu. Jadi optimis sesuai dengan target," akunya.

Untuk diketahui, empat jembatan yang dikerjakan Tabanan ini hampir menelan anggaran sekitar Rp 30 miliar. Sumber anggaran tersebut dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Bali dan BKK Badung. Jembatan ini diperbaiki lantaran diterjang bencana akhir Desember 2022.

Jembatan Marga-Apuan progres pengerjaan telah mencapai 40,112 persen dari rencana 39,519 persen. Bagian yang sudah dikerjakan adalah pondasi borepile, abutmen dan wing wall. 

Kemudian Jembatan Suralaga -Ganter progres pengerjaan paling cepat dari jembatan lain telah mencapai 69,59 persen dari rencana 42,77 persen. Pekerjaan yang tengah dibuat adalah pondasi boreplie, abutmen, wing wall dan jalan. 

Lalu Jembatan Pegebegan-Ganter realisasinya 67,65 persen dari rencana 66,62 persen. Dan bagian yang tengah dikerjakan adalah pondasi borepile, abutmen, wing wall dan girder. 

Dan selanjutnya adalah Jembatan Geluntung-Uma Bali realiasi pengerjaan mencapai 52,61 persen dari rencana 45,77 persen. Dan bagian yang sudah dikerjakan adalah pondasi borepile, abutmen, wing waal, dan perancag gurder. 7des

Komentar