nusabali

Ratusan Penari Pendet Pasepan Gladi di Pantai Batununggul

  • www.nusabali.com-ratusan-penari-pendet-pasepan-gladi-di-pantai-batununggul

Bupati Suwirta dan rombongan matur piuning dan sembahyang bersama di Pura Kahyangan Jagat Penataran Ped.

SEMARAPURA, NusaBali
Pembukaan Festival Nusa Penida (NPF) Tahun 2023 dimeriahkan dengan Tari Pendet Pasepan massal dengan 500 penari pada Wraspati Wage Medangkungan, Kamis (5/10) hari ini. Secara khusus, ratusan penari Pendet Pasepan dari Desa Adat Dalem Setra Batununggul menggelar gladi di Pantai Batunggunggul, Rabu (4/10) sore. Tarian ini akan dipentaskan saat mulang pakelem di Pantai Batununggul serangkaian pembukaan NPF.

Kadis Pariwisata Klungkung Ni Made Sulistiawati menjelaskan, NPF dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 5-7 Oktober 2023. Lokasi NPF di Lapangan Sampalan, Desa Batununggul. “Kegiatan diawali upacara pakelem sebagai mohon doa agar acara dapat berjalan lancar. Sekaligus ucapan syukur perkembangan pariwisata Nusa Penida setelah bangkit dari pandemi Covid-19,” ujar Sulistiawati.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny Ayu Suwirta, Kadis Pariwisata Sulistiawati, dan sejumlah pimpinan OPD sembahyang bersama dan matur piuning di Pura Kahyangan Jagat Penataran Ped, Kecamatan Nusa Penida, Soma Umanis Medangkungan, Senin (2/10). 

Matur Piuning sekaligus persembahyangan bersama ini juga serangkaian Karya Ngusaba Agung Jagat Nusa Penida yang puncaknya pada Purnama Sasih Kalima, Jumat (29/10). “Melalui matur piuning ini, kami memohon kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar senantiasa memberikan karahayuan dan kelancaran dalam pelaksanaan Nusa Penida Festival tahun 2023,” ujar Sulistiawati. 7 wan

Komentar