nusabali

Kemarau, Debit Air Bendungan Normal

  • www.nusabali.com-kemarau-debit-air-bendungan-normal

BANGLI, NusaBali - Petugas Sumber Daya Air Dinas PUPR Perkim Bangli telah memantau debit air di beberapa bendungan. Meskipun sedang musim kemarau, dipastikan debit air di beberapa bendungan masih normal.

Menurut Teknik Irigasi Bidang Sumber Daya Air, Dinas PUPR Perkim Bangli Ida Bagus Adnyana, mengacu pada laporan dari petugas penjaga pintu air dari masing- masing daerah irigasi (DI), kondisi debit air masih normal. "Astungkara, sejauh ini debit air masih normal, tidak ada penurunan,” jelasnya, Senin (2/10).

IB Adnyana mencontohkan kondisi debit air di DI Sidembunut Kanan yang masih normal. Begitu juga kondisi DI di Kecamatan Kintamani, seperti DI Bunutin, Bayung Cerik, masih normal. Lanjutnya, laporan dari petugas penjaga pintu air akan terus disampaikan kepada subak hingga krama subak bisa mengatur pola tanam. "Jika debit air menurun tentu akan disikapi oleh subak dengan melakukan pola tanam secara bergilir,” ujarnya.

Di Bangli ada 46 DI dengan penjaga pintu air 23 orang. Karena minim jumlah petugas penjaga pintu air, maka satu petugas bisa mengkaver 2 - 3 DI yang jaraknya berdekatan. Penjaga pintu air, selain mengatur arus air, juga merawat pintu air secara periodik dan membersihkan semak, sampah, dan endapan lumpur pada saluran. “Kami seminggu sekali turun bergotongroyong melibatkan krama subak untuk membersihkan saluran irigasi,” sambungnya.7esa

Komentar