nusabali

PSI Incar 'Relawan Lepas' Jokowi di Bali

  • www.nusabali.com-psi-incar-relawan-lepas-jokowi-di-bali

DENPASAR, NusaBali.com - Bergabungnya putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, menambah kepercayaan diri Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Di Bali, PSI mengaku mengincar suara swing voters, undecided voters, first-time voters, dan utamanya 'relawan lepas' Jokowi.

Hal ini diutarakan oleh Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni di sela menemani safari politik Kaesang sebagai Ketua Umum PSI di Bali pada Minggu (1/10/2023) di Denpasar dan Badung.

Kata Raja Juli, PSI tidak ingin menganggu partai politik lain. Mereka hanya ingin menjadi pelabuhan bagi 'relawan lepas' Jokowi. Yang dimaksud 'relawan lepas' adalah relawan atau kelompok relawan yang belum terafiliasi partai politik mana pun.

"Yang pasti kami tidak akan menganggu partai lain. Kami memohon dukungan kepada relawan Bapak Jokowi yang belum terafiliasi di partai, kalau sudah terafiliasi ya tidak apa-apa, jangan," ujar Raja Juli di sela menemani Kaesang di CFD Niti Mandala pada Minggu pagi.

Lebih spesifik, relawan lepas Jokowi yang diincar adalah yang selaras dengan semangat PSI. Sosok-sosok nasionalis muda dan berjiwa muda adalah kriteria yang diharapkan.

Melihat hal ini, pelebaran target pemilih juga merangkum swing voters (pemilih yang belum menetapkan pilihan), undecided voters (pemilih yang belum menentukan pilihan), dan first-time voters (pemilih pemula).

Hadirnya sosok muda yang baru berusia 28 tahun sebagai Ketum PSI. Kemudian, citranya sendiri tidak bisa dilepaskan dari sosok Jokowi selaku sang ayah. PSI berharap Kaesang bisa menjadi daya tarik bagi segmen pemilih yang diincar.

"Mudah-mudahan (kehadiran Kaesang di PSI) bisa menambah daya tarik masyarakat Bali untuk menjatuhkan pilihan kepada PSI," tutur Raja Juli yang juga Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional RI.

Sementara itu, PSI mulai 'menjual' jargon yang mereka sebut JOKOW15ME. Menurut Anggota DPRD Bali dari PSI Grace Anastasia, hal ini menunjukkan prinsip partai yang tegak lurus dengan arahan Jokowi.

"Ini sudah jadi prinsip kami dari dulu bahwa PSI selalu tegak lurus dengan Presiden Jokowi," ujar Grace, dijumpai di sela menemani Kaesang menikmati CFD Niti Mandala.

Sejauh ini, PSI belum memiliki satu fraksi penuh di Bali. Kata Raja Juli, hanya ada tiga kader yang berhasil lolos ke kamar legislatif daerah yakni satu di DPRD Bali dan dua di DPRD Denpasar, Agus Wirajaya dan Emiliana Sri Wahyuni. *rat

Komentar