nusabali

Ridwan Kamil Cawapres Ganjar, Erick Thohir untuk Prabowo

Versi Survei Indikator Politik Indonesia

  • www.nusabali.com-ridwan-kamil-cawapres-ganjar-erick-thohir-untuk-prabowo

JAKARTA, NusaBali - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis survei elektabilitas calon wakil presiden (cawapres) untuk bacapres yang ada di bursa Pilpres 2024, salah satunya Ganjar Pranowo.

Hasilnya, mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menempati urutan pertama cawapres yang paling pantas untuk Ganjar disusul Menteri BUMN Erick Thohir dan Menparekraf Sandiaga Uno. Sementara untuk bacapres Prabowo Subianto Menteri BUMN Erick Thohir menempati urutan pertama cawapres disusul Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Survei ini digelar pada 25 Agustus-3 September 2023 terhadap 1.200 responden. Survei dilakukan dengan cara wawancara tatap muka oleh pewawancara yang terlatih. Pemilihan sample dilakukan dengan metode multistage random sampling. Populasi survei ini adalah WNI yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. 

Kemudian, dilakukan oversample di 10 provinsi yakni Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten masing-masing menjadi 400 responden, Sumatera Selatan dan Lampung masing-masing menjadi 350 responden, Jambi dan Bangka Belitung masing-masing menjadi 300 responden. Sehingga total sampel sebanyak 4.090 responden. Adapun margin of error sekitar ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Indikator politik Indonesia melakukan survei dengan menyodorkan simulasi 13 nama. Hasilnya, Ridwan Kamil menempati urutan pertama yang dinilai paling pantas untuk menjadi cawapres Ganjar. "Ridwan Kamil 16.9%, kemudian Erick 16.3%, Sandiaga 11.2%, paling banyak dinilai sebagai yang paling pantas menjadi wakil presiden untuk Ganjar Pranowo," tulis Indikator Politik dilansir detik.com.

Indikator politik Indonesia juga melakukan survei dengan menyodorkan simulasi 10 nama. Hasilnya, Erick Thohir menempati urutan atas dengan persentase 25,8%.

"Erick Thohir 25,8% paling banyak dinilai sebagai yang paling pantas menjadi wakil presiden untuk Prabowo Subianto," tulis Indikator Politik. 7

Komentar