nusabali

Ribuan Warga Terima Bantuan Beras Presiden

  • www.nusabali.com-ribuan-warga-terima-bantuan-beras-presiden

BANGLI, NusaBali - Bantuan beras dari pemerintah telah disalurkan di Bangli sejak 20 September 2023. Ribuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Bangli menikmati bantuan beras sesuai arahan langsung dari Presiden Joko Widodo tersebut. Selama tiga bulan, warga akan mendapatkan bantuan beras ini.

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (PKP) Bangli I Wayan Sarma mengatakan,  bantuan beras pemerintah ini untuk mengantisipasi inflasi akibat lonjakan harga beras. Total penerima bantuan beras 21,3 juta KPM. Apabila pasca bantuan ini harga beras masih naik, maka ia meminta agar pemerintah daerah setempat bisa menggunakan anggarannya untuk melakukan intervensi pasar. "Dengan itu, kami harapkan inflasi akan terkendali dengan baik dan pelan-pelan akan turun," jelasnya, Minggu (1/10).

Lanjutnya, penyaluran beras bulan September dilakukan secara bertahap. Dimulai sejak 20 September - 27 September. Proses penyalurannya langsung ke desa-desa. "Penyaluran beras bantuan pemerintah telah dilakukan secara bertahap. Jumlah penerima bantuan beras pemerintah sebanyak 133.340 KK yang tersebar di empat kecamatan," ungkapnya.

Kata Wayan Sarma, bantuan beras yang telah dikirimkan, untuk Kecamatan Susut 2.613 KPM, Tembuku 2.837 KPM, Bangli 2.185 KPM, dan Kintamani 5.711 KPM. Penyaluran  tahap II ada tambahan penerima bantuan dari Kementerian Sosial. Total tambahan 579 KPM. "Untuk tambahan baru ini, kami masih menunggu data nama dan alamat dari Kementerian Sosial. Mereka ini belum menerima bantuan beras," sebutnya.

Namun, dirinya belum bisa memastikan kapan penyaluran beras untuk 579 KPM tersebut. Karena  hal itu merupakan kewenangan Bappenas dan Kemensos. Pencairan bantuan beras bulan Oktober, belum ada jadwal pasti. "Yang jelas, untuk penyaluran beras ini, jika sudah siap, kami lakukan secepatnya," ujarnya.7esa

Komentar