nusabali

Jembrana Rancang Penataan TMP

  • www.nusabali.com-jembrana-rancang-penataan-tmp

NEGARA, NusaBali - Pemkab Jembrana berencana menata Taman Makam Pahlawan (TMP) Ksatria Kusuma Mandala di Jalan Pahlawan, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, Jembrana. Di samping mempercantik areal makam, penataan TMP ini juga dirancang untuk menambah sarana publik di wilayah kota.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan, penataan TMP nanti, juga menjadi bagian upaya pengembangan Jembrana Smart City. "Nanti akan ada tempat permainannya. Kita sediakan wifi gratis, ada cafetaria, dan kita hias juga pohon-pohon itu dengan lampu sehingga akhirnya Jembrana menjadi indah, enak dilihat baik siang maupun malam," ujar Bupati Tamba, Minggu (1/10).

Bupati Tamba menyatakan, dalam penataan TMP nanti, akan disediakan sarana publik yang dapat mendekatkan masyarakat dengan TMP ini. Dirinya pun menyatakan bahwa tampilan dan suasana di depan Pura Jagatnatha Jembrana saat ini sebagai contoh yang akan dikerjakan di TMP ini. "Seperti yang kita lihat di depan Jagatnatha sekarang. Itu mewarnai kecantikan dan estetika Kabupaten Jembrana menuju Jembrana Smart City," ujarnya.

Di samping penataan di TMP, Bupati Tamba juga mengungkapkan rencana penghijauan di Sentra Tenun. Rencanya, areal Sentra Tenun akan dihiasi pohon jepun. "Kita akan melakukan penghijauan dengan pohon jepun. Di mana pohon jepun itu memiliki nilai yang estetik dan juga pohon kesucian. Ada 10 jenis pohon jepun yang akan ditanam," ucap Bupati Tamba. 

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Jembrana I Wayan Sudiarta megatakan, rancangan penataan TMP nanti, bertujuan untuk mempercantik wajah Kota Negara. "Kita melanjutkan penataan agar tamannya bagus. Akan ada tempat berkumpul untuk anak-anak muda, di mana akan dibuat coffee shop di pojok. Kemudian untuk anak-anak atau arena bermain itu akan dibuat di wantilan di depan. Sedangkan kiri-kanannya akan ditata agar wajah daripada kota itu menjadi lebih indah," ujarnya.

Selian mempercantik wajah kota, Sudiarta mengaku, penataan TMP yang dirancang berjalan tahun 2024 nanti, juga diharapkan melengkapi revitalisasi Pasar Umum Negara yang sama sama berada di satu ruas jalan. "Nanti pasar beroperasi, tempat ini juga siap untuk digunakan untuk mendukung peningkatan pelayanan publik," pungkas Sudiarta. 7ode

Komentar