nusabali

Rekrutmen CPNS, Pemohonan Surat Keterangan Sehat Melonjak

  • www.nusabali.com-rekrutmen-cpns-pemohonan-surat-keterangan-sehat-melonjak

BANGLI, NusaBali - Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 yang salah satu persyaratannya melampirkan surat keterangan berbadan sehat membuat permohonan ke Rumah Sakit Umum (RSU) Bangli melonjak. Peningkatan warga mengurus persyaratan surat keterangan sehat itu terlihat, di RSU Bangli, Sabtu (30/9) kemarin.

Kasubag Hukum, Humas, dan Pemasaran RSU Bangli Sang Kompyang Arie Wijaya mengakui ada peningkatan permohonan surat keterangan sehat walaupun tidak signifikan. Sebenarnya, kata dia, surat keterangan sehat tidak hanya digunakan untuk keperluan melamar pekerjaan. “Pada beberapa hal, surat keterangan sehat digunakan juga untuk keperluan kedinasan ataupun kantor, perjalanan dinas, keperluan asuransi, melanjutkan pendidikan, dan sebagainya,” ujar Arie Wijaya.

“Pasca dibuka rekrutmen CPNS, memang ada peningkatan permohonan. Jumlah per hari tentu berbeda, dari belasan hingga puluhan permohonan. Untuk penambahan memang ada, tetapi tidak signifikan," jelas Arie Wijaya.

Sementara itu, untuk mendapat surat keterangan berbadan sehat, ada beberapa pemeriksaan yang dilakukan. Kata, Arie Wijaya, pemeriksaan meliputi pengecekan kesehatan jasmani. Pemeriksaannya seperti pengecekan suhu, nadi, tensi. Kemudian ada pemeriksaan di laboratorium, serta pengecekan Tinggi Badan (TB), Berat Badan (BB). "Dalam pelayanan ini, petugas yang melayani yakni di poliklinik dalam 3 orang, laboratorium 3 orang serta poliklinik jiwa ada 2 orang," jelas Arie Wijaya.n esa

Komentar