nusabali

16 Toko di Bangli Salurkan Beras SPHP

  • www.nusabali.com-16-toko-di-bangli-salurkan-beras-sphp

BANGLI, NusaBali - Pemerintah melalui Bulog menjual beras program stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP). Di Kabupaten Bangli sedikitnya ada 16 Toko Pangan Kita (TPK) yang menyalurkan beras SPHP tersebut. Masing-masing toko mendapat 2 ton beras setiap minggu.

Hal tersebut disampaikan Kabag Ekonomi Setda Bangli Dwi Wahyuni, Selasa (26/9).

Dia mengatakan, keberadaan beras SPHP ini untuk membantu menstabilkan harga beras di pasaran. Beras SPHP merupakan beras medium yang dijual dengan harga Rp 10.950 per kilogram.  "Untuk harga sudah ditetapkan HET, boleh dibulatkan Rp 11.000 per kilogram," sebutnya.

Jelas Dwi Wahyuni, di Bangli terdapat 16 TPK yang menyalurkan beras SPHP. TPK ini tersebar di empat kecamatan, masing-masing 4 TPK di Pasar Kidul Bangli, 4 TPK di Pasar Singamandawa Kintamani, 7 TPK di Pasar Kayuambua dan 1 TPK di Pasar Yangapi, Kecamatan Tembuku.

Di sisi lain, salah satu TPK di Pasar Kidul yakni Toko Rai. Pengelola Toko Rai, Ni Wayan Merti mengaku mendapat pasokan 2 ton beras SPHP. Beras diterima setiap dua minggu. "Seperti bergantian disuplay beras. Sekali pengiriman kami Terima 2 ton beras," ujar.

Kata Merti, beras SPHP cukup diminati oleh masyarakat. Jumlah 2 ton bisa terjual dalam waktu 1 minggu. Dengan harga yang lebih murah, beras SPHP menjadi salah satu pilih masyarakat. Beras SPHP dijual Rp 54.500 untuk kemasan 5 kilogram.

Beras medium dengan harga Rp 14.000 per kilogram dan premium Rp 15.000 per kilogram. "Beras ini (SPHP) jadi alternatif di tengah naik harga beras," kata pedagang asal Kelurahan Cempaga, Bangli ini. 7esa

Komentar