nusabali

Kuatkan Potensi UMKM Desa, Politeknik Negeri Bali dan Finvinity Singapore Gelar Program Pengabdian Kerjasama Internasional di Desa Melaya, Jembrana

  • www.nusabali.com-kuatkan-potensi-umkm-desa-politeknik-negeri-bali-dan-finvinity-singapore-gelar-program-pengabdian-kerjasama-internasional-di-desa-melaya-jembrana

NEGARA, NusaBali.com – Politeknik Negeri Bali (PNB) melalui Jurusan Administrasi Bisnis, Akuntansi dan Pariwisata serta menggandeng Mitra Internasional Finvinity Singapore yang merupakan Organisasi Swasta bidang Bisnis Manajemen dan Konsultasi, menggelar program Pengabdian Kerjasama Internasional kepada beberapa kelompok UMKM di Desa Melaya, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana pada 23-24 September 2023.

Gelaran yang mengusung tema ‘Website Training, Digital Marketing Strategy and Financial Management in Supporting MSME Business Growth in Melaya Village, Melaya District, Jembrana Regency’ dilaksanakan di Kantor Desa Melaya.

Sejumlah pendampingan di bidang digital marketing dan manajemen keuangan dilaksanakan oleh perwakilan Tim Pengabdian Jurusan Administrasi Bisnis, yang diketuai oleh Made Ayu Jayanti Prita Utami, S.S.T.Ak., M.Si, dan dengan anggota I Putu Okta Priyana, S.Kom., M.Kom, I Wayan Eka Dian Rahmanu, S.Pd., M.Pd, berkolaborasi dengan tim Dosen Jurusan Akuntansi, Ni Nengah Lasmini, S.S.T.Ak., M.Si, dan Tim Dosen Jurusan Pariwisata Ni Kadek Herna Lastari, M.Pd. serta tentunya melibatkan tim mahasiswa dari ketiga jurusan tersebut.

Ketua PIC, Made Ayu Jayanti Prita Utami, S.S.T.Ak., M.Si menerangkan saat ini permasalahan yang dihadapi oleh Kelompok UMKM di Desa Melaya yakni belum mampu mengoptimalkan media digital dalam mempromosikan produk. Serta belum mampu melakukan pengelolaan dan pelaporan keuangan yang baik untuk usaha mereka. Hal itu disebabkan karena keterbatasan ilmu dan pengalaman yang dimiliki oleh masing-masing anggota kelompok.

Sehingga pihaknya memberikan bekal ilmu melalui pelatihan website, digital marketing serta pelatihan akuntansi juga pelaporan keuangan kepada 25 peserta UMKM dari Desa Melaya, Kota Jembrana dan Banyuwangi pada Sabtu (23/9/2023). 

Pelatihan tersebut diberikan oleh masing-masing narasumber yakni dari Mohamed Sadli Bin Mohamed Razali yang menjelaskan soal strategi Digital Marketing untuk UMKM dan Putu Lidya Ariyantini menjelaskan soal Manajemen Keuangan UMKM.

Lalu Made Ayu Jayanti Prita Utami, S.S.T.Ak.,M.Si memberikan pelatihan akuntansi dan pelaporan keuangan UMKM, I Putu Okta Priyana, S.Kom., M.Kom menjelaskan megenai optimasi website dan konten media sosial untuk UMKM.


Pelatihan ini juga melibatkan Muhammad Devarianto, mahasiswa aktif di Semester V Program Studi Bisnis Digital yang baru saja menjuarai Lomba International Business Administration Competition dalam cabang lomba Website Design di Politeknik Negeri Batam. 

Deva memaparkan mengenai website terintegrasi yang telah dibuat, dimana dalam website ini memuat daftar UMKM yang terdapat di Desa Melaya sehingga bisa diakses oleh Masyarakat luas yang ingin memesan produk-produk yang ditawarkan.

Gelaran tersebut juga turut dihadiri oleh Perbekel Desa Melaya, I Nyoman Warsana, Kepala Kewilayahan Banjar Melaya Krajan, I Putu Dede Juniantara, Babinsa Desa Melaya, Babinkantibmas Desa Melaya, dan Poldes Desa Melaya.

“Peserta sangat antusias dan menyambut hangat program kerjasama internasional ini. Mereka senang dibuatkan satu media khusus dalam bentuk website untuk menampung usaha-usaha mereka. Dari para narasumber khususnya Finvinity peserta mendapatkan berbagai macam ilmu dan inspirasi bagaimana untuk mengembangkan usaha yang mereka miliki selanjutnya agar bisa menebus pasar internasional,” ungkap Prita.

Kemudian di hari berikutnya pada Minggu (24/9/2023), kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke UMKM Jaya Mandiri, melakukan serah terima papan nama, dan bahan–bahan operasional usaha serta melihat bagaimana proses produksi untuk produk-produk yang dijual.

“Ke depan kami berharap bisa mengundang lebih banyak lagi UMKM untuk ikut berpartisipasi, masyarakat lokal yang memiliki usaha tidak lagi mengandalkan cara manual dalam memasarkan produk mereka. Mereka juga bisa memanfaatkan media sosial, platform digital website dalam memasarkan produk. Pencatatan serta pelaporan keuangan mereka bisa lebih rapi dan tertata sehingga dapat menjadi acuan untuk melihat kondisi bisnis yang dijalani kemudian dapat melakukan pengambilan keputusan yang tepat dari kondisi bisnis tersebut,” terang wanita yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Administrasi Bisnis itu.

Lebih lanjut ia jelaskan, kegiatan kerjasama ini akan terus berlangsung dan berkelanjutan sesuai dengan MOU yang telah berjalan. Bahkan, pihak kampus Politeknik Negeri Bali yang terdiri dari dosen dan mahasiswa juga terus akan memberikan pendampingan digital marketing dan penanganan manajemen Keuangan UMKM dengan tetap didampingi oleh Finvinity Singapore.

Tak hanya itu, Prita mengungkapkan pada kegiatan tersebut pihaknya juga menghasilkan output kegiatan yakni adanya website terintegrasi untuk UMKM yang ada di Desa Melaya, akun Sosial Media UMKM serta format pencatatan keuangan dan pembuatan laporan keuangan. Yang mana ketiga output ini dibantu pengerjaannya oleh Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis dan Jurusan Akuntansi PNB.


Dalam kesempatan yang sama, Pemilik UMKM Jaya Mandiri, Armanu berharap kegiatan tersebut bisa berkelanjutan. Armanu menilai, selain bisa menambah ilmu dan pengalaman, sharing session dari pihak mitra internasional juga memacu semangat mereka untuk bisa terus berkarya, berinovasi agar suatu saat nanti bisa mencapai hasil penjualan yang maksimal bahkan bisa go international.

“Semoga ke depan pihak PNB melalui Jurusan Administrasi Bisnis dapat mengamalkan ilmu-ilmu yang diberikan untuk memajukan usaha, kemudian platform-platform penjualan secara digital yang akan dibuat dapat secara bertahap dimasukkan ke dalam website kelompok UMKM,” harapnya.

Sementara, Ketua Jurusan Administrasi Bisnis, Nyoman Indah Kusuma Dewi, SE., MBA, Ph.D. mengungkapkan jika Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu kewajiban seorang dosen sebagai kewajiban mengajar atau akademik dan juga penelitian. 

Sebab, pengetahuan segala skill dan knowledge yang dimiliki oleh dosen dan juga mahasiswa yang sedang belajar di PNB, sebaiknya diterapkan untuk kesejahteraan masyarakat luas yang membutuhkan keahlian tersebut.

“Oleh sebab itu pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh Ibu Prita bersama tim sangat relevan apa yang seharusnya seorang dosen dan juga siswa lakukan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Kemudian, Indah menerangkan dengan adanya kolaborasi internasional bersama mitra luar negeri dari Finvinity Singapore, kerjama tersebut akan memberikan dampak yang baik kepada Jurusan Administrasi Bisnis. Sehingga dengan adanya gelaran tersebut, pihaknya dapat menyumbang pengetahuan untuk ikut mensejahterakan masyarakat sekitar, bahkan kepada masyarakat luas.
 
“Saya juga berharap kegiatan ini tidak terjadi sekali saja tetapi harus dievaluasi. Setelah memberikan pelatihan ini hendaknya ada tindaklanjut pengabdian juga yang mengukur  ketercapaian. Dari tujuan pengabdian ini apakah masyarakat benar-benar menerapkan apa yang sudah kami berikan dan apakah yang sudah kami berikan ini memberi dampak ekonomi terhadap masyarakat sekitar,” harapnya. *ris

Komentar