nusabali

Jasa Raharja dan Jasa Marga Ajak Generasi Muda Jawa Timur Budayakan Tertib Berkendara Melalui Program Safety Riding

  • www.nusabali.com-jasa-raharja-dan-jasa-marga-ajak-generasi-muda-jawa-timur-budayakan-tertib-berkendara-melalui-program-safety-riding
  • www.nusabali.com-jasa-raharja-dan-jasa-marga-ajak-generasi-muda-jawa-timur-budayakan-tertib-berkendara-melalui-program-safety-riding

SURABAYA, NusaBali.com - Jasa Raharja dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali  berkolaborasi menggelar edukasi keselamatan berlalu lintas sebagai implementasi Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perusahaan. Sinergi program bertajuk ‘Safety Riding Bersama Jasa Marga dan Jasa Raharja’ tersebut, kali ini digelar di Graha  Sepuluh November ITS Surabaya, pada Sabtu, (9/9/2023).

Acara ini dihadiri oleh Menteri BUMN RI Erick Thohir, didampingi oleh Asisten Deputi Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN Edi Eko Cahyono, Komisaris Utama Jasa Marga Mohammad Zainal Fatah, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur, Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono, serta jajaran Direksi Jasa Marga dan Jasa Raharja lainnya. 

Safety Riding ini berhasil mengajak sekitar 2.100 orang peserta yang terdiri dari murid SMA, SMK, MA, dan pesantren dari 24 sekolah di Kota Surabaya, serta Milenial Jasa Marga dan Jasa Raharja untuk lebih bijak dalam berkendara di jalan raya sehinga aman dan selamat.

Dalam sambutannya, Erick Thohir mengungkapkan, ini adalah komitmen dan bentuk sinergi BUMN dalam mendukung peningkatan edukasi bagi kaum muda di Indonesia serta menjadi langkah strategis dalam upaya sosialisasi keselamatan berlalu lintas. 

"Kota Surabaya termasuk dalam salah satu kota dI Indonesia dengan tingkat kecelakaan tertinggi. Selama tahun 2022, Dari 22 ribu kecelakaan, itu 51 persen kenderaan bermotor dan 37 persennya pelajar," ucap Erick.

Erick juga menyampaikan, bahwa generasi muda di Indonesia merupakan bonus demografi yang perlu diperhatikan karena mereka merupakan ujung tombak Indonesia di masa depan, atas dasar itu Erick mengingatkan generasi muda untuk tetap memperhatikan keselamatan selama berkendara dan mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. 

Menteri BUMN juga menambahkan, setelah dilaksanakan di berbagai kota, program ini bermanfaat untuk dilanjutkan sekaligus merupakan sarana untuk memperkuat kolaborasi antar BUMN sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar untuk masyarakat Indonesia. 

Selain itu, acara Safety Riding ini merupakan upaya menjaga komitmen bersama antara Jasa Marga dan Jasa Raharja untuk mendukung tercapainya target Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (RUNK LLAJ) tahun 2021-2040, terutama dalam rangka menurunkan indeks kecelakaan dan fatalitas korban.

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan, program Safety Riding Jasa Marga dan Jasa Raharja di Surabaya ini merupakan rangkaian ketiga dari program Safety Riding yang sebelumnya telah diadakan di Jakarta dan Bandung.

“Kami mendukung penuh upaya peningkatan edukasi mengenai tata cara berkendara yang aman dan berkeselamatan karena memang sangat diperlukan bagi anak-anak muda Indonesia, sehingga kami menargetkan acara ini dilaksanakan secara berkelanjutan. Semoga seluruh peserta mendapatkan manfaat dan ilmu untuk dapat mengimplementasikan cara berkendara yang aman dan selamat baik di jalan tol maupun di jalan umum lainnya,” ujar Subakti.

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono juga menyampaikan pemahaman pentingya dilakukan program edukasi keselamatan berlalu lintas bagi Gen Z untuk peningkatan kesadaran dan kepatuhan generasi muda dalam berlalu lintas, "Tentunya ini harus dilakukan secara berkesinambungan dengan kolaborasi bersama BUMN lain, program ini akan berdampak lebih luas dan efektif, sehingga tujuan akan terciptanya masyarakat yang aman dan tertib bisa terwujud," ujar Rivan.

Rivan menyampaikan, bahwa mayoritas korban kecelakaan lalu lintas, saat ini didominasi oleh usia pelajar dan produktif antara 6-25 tahun dan 26-55 tahun. Oleh karena itu, Rivan mengajak semua pihak untuk bersama-sama mematuhi peraturan yang ada. “Sehingga diharapkan adik adik betul-betul memahami bagaimana menjaga keselamatan berkendara, agar mereka bisa tetap belajar dan menjadi penerus bangsa,“ tutup Rivan.

Menurut Rivan, masyarakat, terutama para pelajar yang hadir dalam kegiatan tersebut sangat antusias. “Semoga edukasi ini akan memberikan dampak baik, khususnya bagi Jawa Timur, agar para pemuda lebih berhati-hati dalam berkendara. Karena pemuda adalah penerus bangsa,” ungkap Rivan.

Dalam implementasi program TJSL ini Jasa Marga dan Jasa Raharja turut didukung oleh anak usaha Jasa Marga, PT Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO), dan BUMN lainnya seperti PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT Pos Indonesia (Persero) dan PT Pelabuhan Indonesia (Persero). 

Acara Safety Riding Bersama Jasa Marga dan Jasa Raharja ini menghadirkan sejumlah Bintang Tamu, di antaranya Komika Dono Pradana yang memberikan edukasi dengan konsep stand-up comedy yang menarik dan informatif mengenai praktik berkendara secara aman dan selamat. 

Tidak hanya itu, penyanyi wanita Idgitaf juga turut memeriahkan acara ini yang dilengkapi  dengan penampilan tarian tradisional dari SMKN 12 Surabaya serta pertunjukan marawis oleh Pondok Pesantren Sunan Giri. 

Acara Safety Riding Bersama Jasa Marga dan Jasa Raharja juga menampilkan booth pameran untuk mempromosikan inovasi produk dari masing-masing BUMN pendukung dan produk dari beberapa sekolah partisipan.

Komentar