nusabali

861 Pedagang Pasar Tabanan akan Dipindahkan

  • www.nusabali.com-861-pedagang-pasar-tabanan-akan-dipindahkan

Rencana awal tidak dilakukan relokasi batal dilaksanakan. Alasannya, biaya akan mengalami pembengkakan seiring berubahnya nilai mata uang.

TABANAN, NusaBali
Proyek Pasar Induk Gadarata Singasana Tabanan yang akan menggantikan Pasar Tabanan terus dimatangkan. Kalkulasi pembangunan pasar ini akan memindahkan 861 pedagang.  Untuk tahapan relokasi itu Pemerintah Tabanan masih mencari tempat strategis.

Saat ini ada dua pilihan yang dirancang untuk relokasi, yakni di Pasar Adat Bongan yang bersebelahan dengan Polsek Tabanan. Alternatif lainnya adalah di lahan Kejaksaan Tinggi di kawasan Pasar Dauh Pala, Kecamatan Tabanan. 

Namun rencana lokasi ini masih a menunggu persetujuan pedagang. Artinya masih akan dikoordinasikan supaya relokasi tersebut tak membuat pedagang kehilangan pelanggan. 

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Tabanan I Gede Urip Gunawan mengatakan perencanaan pembangunan terus dimatangkan. Tahun 2023 masih proses detail penghitungan biaya.  Kemudian di tahun 2024 dilakukan proses mencari pihak ketiga untuk proses pembangunan. Dan di tahun 2025 baru dilakukan eksekusi pembangunan. "Ya ancang-ancang Januari 2025 mulai eksekusi," ujar Urip Gunawan, Minggu (17/9). 

Disebutkan sembari menunggu proses penghitungan biaya segala persiapan juga dimatangkan. Termasuk soal relokasi pedagang. Awalnya pedagang sebanyak 861 ini rencananya tidak direlokasi karena pembangunan pasar dirancang bertahap. 

Hanya saja sesuai dengan perencanaan terbaru, pedagang diputuskan untuk direlokasi. Pertimbangan direlokasi ini karena masalah penghitungan anggaran. Bila dilakukan pembangunan pasar bertahap, maka kurs menjadi lebih tinggi. 

"Opsi tempat relokasi masih kami cari, sudah ada memang dua opsi pilihan. Kami akan mencari tempat dengan luas sekitar 1 hektare berkaca dari relokasi pedagang Pasar Gianyar sebanyak 1.800 direlokasi di lahan 1 hektare," tandas Urip. 

Dia berharap dalam rancangan pembangunan pasar berjalan optimal. Sebab dalam perencanaan ada ribuan los yang disiapkan, selain itu memang ada los tambahan untuk komersial. Bahkan dalam pembangunan Pasar Gadarata yang dirancang menelan biaya Rp 1 triliun ini akan dilengkapi bioskop dan mal. Adapun konsep dari Pasar Gadarata adalah konsep pasar terbuka.  7des

Komentar