nusabali

SBY ‘Turun Gunung’ Dukung Prabowo Capres 2024

Sambangi Kediaman Prabowo di Hambalang, Jawa Barat

  • www.nusabali.com-sby-turun-gunung-dukung-prabowo-capres-2024

JAKARTA, NusaBali - Partai Demokrat menyampaikan dukungannya secara resmi kepada Prabowo Subianto untuk maju sebagai bakal calon presiden (Bacapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ‘turun gunung’ didampingi Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan dukungan secara langsung kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediaman pribadi Prabowo, Hambalang, Jawa Barat, Minggu (17/9).

“Dalam sambutannya, Pak SBY menyatakan sebagai berikut: Partai Demokrat menyatakan dukungannya secara resmi kepada Prabowo Subianto sebagai capres (calon presiden) di Pilpres 2024,” kata Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi di Jakarta, Minggu kemarin. Viva Yoga bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan turut hadir dalam pertemuan antara Partai Demokrat, Prabowo Subianto, dan jajaran petinggi partai dari Koalisi Indonesia Maju di Hambalang.

Dalam pertemuan yang sama, SBY juga menyampaikan Partai Demokrat merasa nyaman dan at home di Koalisi Indonesia Maju, karena ada kesamaan cita-cita dan chemistry.

SBY, dalam pertemuan itu, juga memuji Prabowo sebagai seorang pejuang yang tak pernah kenal lelah mengabdikan dirinya untuk bangsa dan negara. Poin terakhir, yang penting dari pertemuan itu, menurut Viva Yoga, SBY selaku Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat bakal ‘turun gunung’ untuk memenangkan Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Dalam foto-foto dan video yang dibagikan Viva Yoga, pertemuan itu dihadiri juga oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan pimpinan partai anggota koalisi lainnya, yaitu dari Partai Bulan Bintang, Partai Gelora Indonesia, kemudian dari partai-partai lain seperti Partai Garuda, Partai PRIMA, dan PSI.

“Tujuannya adalah untuk menyambut kehadiran Pak SBY dan Mas AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) dan sekaligus menyaksikan pernyataan dukungan kerja sama secara resmi bergabung di Koalisi Indonesia Maju,” kata Viva Yoga. Terkait dukungan ini, Ketua Harian DPP Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menyatakan Partai Demokrat telah resmi mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (Capres). "Kepada kader Partai Gerindra di Seluruh Indonesia. Pada hari ini kita, Partai Gerindra telah menerima satu kehormatan dengan bertambahnya kekuatan dalam menghadapi pemilu presiden 2024," kata Dasco dalam keterangannya, Minggu malam dilansir detik.com.

"Di mana pada hari ini, Partai kita telah resmi menerima bergabungnya Partai Demokrat ke dalam Koalisi Indonesia Maju," katanya. Menurut Dasco, keputusan Demokrat merupakan keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat. Sehingga, Demokrat akan bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM). "Dan dalam pertemuan itu, Partai Demokrat menyampaikan hasil keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat yang menyatakan partai Demokrat mendukung Pak Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden pada Pilpres 2024," katanya.

Walaupun demikian, sejauh ini Partai Demokrat belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai dukungannya kepada Prabowo, atau pun keputusan mereka berkoalisi dengan Koalisi Indonesia Maju. Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengatakan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang akan mengumumkan keputusan itu kepada para kader dan publik saat rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Demokrat yang akan digelar 21 September 2023 nanti. “Untuk keputusan resmi Demokrat bergabung dengan koalisi atau kerja sama untuk Pilpres 2024 akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, pada Rapimnas Partai Demokrat hari Kamis 21 September 2023,” kata Herzaky saat dihubungi di Jakarta, Minggu malam.

Terkait kerja sama Partai Demokrat dengan Koalisi Indonesia Maju, Herzaky belum mau berkomentar. Walaupun demikian, dia membenarkan pertemuan antara Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan  AHY dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama ketua umum partai lainnya yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Hambalang, Jawa Barat, Minggu kemarin. “Benar, hari ini (kemarin) ada pertemuan antara Bapak SBY dan Mas AHY dengan Bapak Prabowo. Agenda hari ini adalah Silaturahmi Kebangsaan Bersama Presiden Ke-6 RI Bapak Prof Dr H Susilo Bambang Yudhoyono,” kata Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat ini. 7 ant

Komentar