nusabali

Demokrat dan Gerindra Bersatu, SBY Turun Gunung Dukung Prabowo

  • www.nusabali.com-demokrat-dan-gerindra-bersatu-sby-turun-gunung-dukung-prabowo

BOGOR, NusaBali.com - Partai Demokrat dan Partai Gerindra sepakat untuk bersatu dalam koalisi untuk menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dalam pertemuan yang digelar di kediaman Prabowo Subianto di Hambalang, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023), Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara resmi menyatakan dukungannya kepada Prabowo Subianto untuk maju sebagai calon presiden.

“Dalam sambutannya, Pak SBY menyatakan sebagai berikut: Partai Demokrat menyatakan dukungannya secara resmi kepada Prabowo Subianto sebagai capres (calon presiden) di Pilpres 2024,” kata Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi, Minggu malam.

SBY mengatakan, Partai Demokrat merasa nyaman dan ‘at home’ di Koalisi Indonesia Maju, karena ada kesamaan cita-cita dan chemistry. SBY juga memuji Prabowo sebagai seorang pejuang yang tak pernah kenal lelah mengabdikan dirinya untuk bangsa dan negara.

“Poin terakhir, yang penting dari pertemuan itu, menurut Viva Yoga, SBY selaku Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat bakal ‘turun gunung’ untuk memenangkan Prabowo Subianto di Pilpres 2024,” kata Viva Yoga.

Keputusan ini merupakan kejutan besar bagi konstelasi politik Pilpres 2024. Selama ini, Partai Demokrat dan Partai Gerindra dikenal sebagai rival politik. Namun, pertemuan antara SBY dan Prabowo Subianto pada awal tahun 2023 membuka peluang untuk terjadinya koalisi.

Dengan bergabungnya Partai Demokrat, Koalisi Indonesia Maju kini memiliki total 13 kursi di DPR. Koalisi ini semakin solid untuk menghadapi Pilpres 2024.*ant

Komentar