nusabali

Antisipasi Ekuador, Bima Yakin Tembus 16 Besar

Timnas U-17 Berangkat ke Jerman untuk Persiapan Piala Dunia

  • www.nusabali.com-antisipasi-ekuador-bima-yakin-tembus-16-besar

JAKARTA, NusaBali - Pelatih tim nasional Indonesia U-17 Bima Sakti optimistis lolos ke 16 besar, meski harus mengantisipasi kekuatan Ekuador, yang dipandang sebagai salah satu lawan tangguh skuad Garuda Muda, dalam laga penyisihan Grup A Piala Dunia U-17. Sedangkan Timnas U-17 sendiri akan melakukan tes VALD sebelum menjalani TC ke Jerman.

"Kalau melihat dari peringkat, Ekuador patut diwaspadai. Mereka sepak bolanya bagus dan saya pikir semua tim yang di grup A ini adalah yang terbaik," kata Bima Sakti, usai memimpin latihan tim asuhannya di Lapangan A kompleks Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (16/9).

Ekuador adalah tim yang mempunyai penampilan terbanyak di Piala Dunia U-17 jika dibandingkan dua negara lain penghuni grup A, yaitu Panama dan Maroko.  Ekuador tampil lima kali di Piala Dunia sejak keikutsertaan pertama kali pada 1987. Meski begitu, Bima Sakti yakin peluang tim Garuda Muda sangat besar untuk lolos ke babak 16 besar.

"Namun saya rasa semua tim (di grup A) punya peluang yang sama. Saya sampaikan kepada pemain agar mereka punya tekad yang kuat untuk memberikan yang terbaik bagi Merah Putih," kata Bima Sakti.

Bima Sakti mengungkapkan saat ini sedang menganalisis kemampuan dari lawan-lawan yang akan dihadapi di grup A. Bahkan, kata Bima, pihaknya sudah mengambil video-video pertandingan tim-tim di grup A. Rencananya selama TC (Pemusatan Latihan) di Jerman, kami juga mau lawan negara akan yang mirip-mirip gaya bermainnya dengan Ekuador, Panama dan Maroko," kata Bima Sakti.

Lebih jauh Bima Sakti merasa puas dengan kondisi fisik para pemain timnas U-17 seusai tes VALD Performance sebelum menjalani pemusatan latihan (TC) di Jerman pada 17 September. Tes VALD dilakukan untuk mengetahui massa otot dan memprediksi risiko cedera pada bagian tubuh tertentu.

Saat ini terdapat 34 pemain yang mengikuti pemusatan latihan di Jakarta sebelum disaring jadi 28 pemain yang diberangkatkan ke Jerman. Jehan Pahlevi dipastikan absen dari pemusatan latihan tim Garuda Muda karena dalam pemulihan cedera.

Bima Sakti mengungkapkan saat ini telah mempunyai kerangka tim untuk Piala Dunia U-17. Namun, kata Bima, tugas tim pelatih tinggal mematangkan lagi dan dia bersyukur dapat berlatih di Jerman. Rombongan Timnas U-17 dijadwalkan berangkat ke Jerman pada Minggu pukul 15.50 WITA.

Selama di Jerman, Timnas U-17 akan melahap rangkaian ujicoba, diantaranya berlatih tanding lawan Timnas Jerman U-17. Selain itu, Timnas U-17 juga akan berlatih tanding dengan tim Amerika Latin dan Afrika untuk menyesuaikan karakteristik tiga lawan di Grup A Piala Dunia U-17 2023.

"Saya yakin kami akan mendapatkan hasil maksimal di Jerman dengan beruji coba melawan tim-tim dari Amerika Latin dan Afrika," kata Erick Thohir. ant

Pembagian Grup Piala Dunia U-17 
Grup A: Indonesia, Ekuador, Maroko, Panama
Grup B: Spanyol, Kanada, Mali, Uzbekistan
Grup C: Brasil, Iran, Kaledonia Baru, Inggris
Grup D: Jepang, Polandia, Argentina, Senegal
Grup E: Prancis, Burkina Faso, Korea Selatan, AS
Grup F: Meksiko, Jerman, Venezuela, Selandia Baru

Komentar