nusabali

Tabanan Juara Vlog Implementasi Program PKK

Rai Wahyuni Sanjaya Hadiri Rakornas TP PKK 2023 di Jakarta

  • www.nusabali.com-tabanan-juara-vlog-implementasi-program-pkk

TABANAN, NusaBali - Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan Ny Rai Wahyuni Sanjaya menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) TP PKK Tahun 2023 yang diselenggarakan di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta, Senin (11/9).

Pada kesempatan tersebut diumumkan, video blog (vlog) berjudul ‘Stop Boros Pangan’ karya Kadek Ayu Ratna Fanisa dari Desa Mundeh Kangin, Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan berhasil meraih juara harapan kategori umum. 

Rapat tahunan yang dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua Umum TP PKK Pusat Ny Tri Tito Karnavian dan seluruh ketua TP PKK provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia serta Bappeda dan Dinas PMD provinsi se-Indonesia berlangsung lancar. Pada kesempatan tersebut, Bunda Rai Wahyuni didampingi sekretaris TP PKK Tabanan. 

Rakornas juga membahas strategi penurunan angka stunting menuju Indonesia Emas 2045, serta optimalisasi peran kader PKK dalam mewujudkan keluarga Indonesia tanpa narkoba, literasi digital untuk Indonesia maju. Termasuk strategi bersama membangun negeri memantapkan ketahanan pangan dan gizi serta akselerasi program PKK mencapai Rencana Induk Gerakan PKK 2020-2024. 

Tema rakornas adalah Kader PKK dan 10 Program Pokok PKK Melaju Menuju Indonesia Maju. Harapannya, rakornas ini akan mampu menyamakan persepsi tentang program-program pokok PKK. 

Pada kesempatan tersebut, Mendagri Tito mengukuhkan Ketua TP PKK Pusat dan para Ketua TP PKK Provinsi sebagai Ketua Pembina Posyandu. Hal itu karena sebagaimana disampaikan Ny Tri Tito Karnavian, karena PKK dan posyandu sejatinya berbeda baik secara kelembagaan, peran, dan fungsinya. Namun, pelaksanaan di lapangan para kader posyandu adalah kader PKK. Meskipun kedua hal itu tidak sama, baik orang yang berperan maupun anggarannya. Tetapi di lapangan, yang dikenal masyarakat, posyandu adalah milik PKK. 

“Seringnya di lapangan dikatakan bahwa kader posyandu adalah kader PKK, padahal keduanya berbeda. Kegiatan rakornas ini diharapkan mampu menyamakan persepsi guna mendukung optimalisasi implementasi program pokok PKK secara nasional,” ujar Ny Tri Tito. 

Pada rakornas tersebut juga diumumkan Kabupaten Tabanan dalam mengimplementasikan program-program pokok PKK, berhasil meraih juara harapan kategori umum dalam lomba vlog yang diselenggarakan oleh TP PKK Pusat. Lomba vlog yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia, Kabupaten Tabanan mengangkat judul ‘Stop Boros Pangan’ karya Kadek Ayu Ratna Fanisa dari Desa Mundeh Kangin, Kecamatan Selemadeg Barat. 

Bunda Rai menyampaikan rasa bangganya dan apresiasi yang luar biasa atas pencapaian yang telah diraih Kabupaten Tabanan. Serta berharap, dengan adanya rakornas dan gelar juara, dapat mengoptimalkan keberhasilan program-program pokok PKK, terutama dalam perwujudan Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul, dan Madani (AUM). 

“Ini membuktikan sinergitas dan kolaborasi yang sangat baik antara pusat, kabupaten, kecamatan hingga desa. Jadi implementasi programnya tepat dan diharapkan semakin diterima dan dimengerti oleh masyarakat,” ucapnya. 

Dia juga berharap, rakornas ini tidak hanya dapat mempererat hubungan yang harmonis antara pusat dan daerah, tetapi juga sebagai langkah optimal peran serta PKK dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya di masyarakat. 

Rakornas kali ini juga di isi dengan pembekalan kepada peserta dengan berbagai materi yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan, Kementerian Kominfo, BNN, dan Badan Pangan Nasional RI. @ des 

Komentar