nusabali

Hibah Rp 150 Juta Amankan Pemilu di Tabanan

  • www.nusabali.com-hibah-rp-150-juta-amankan-pemilu-di-tabanan

TABANAN, NusaBali - Persiapan Pemilu 2024, Pemerintah Tabanan bakal menghibahkan dana pengamanan sebesar Rp 150 juta. Dana pengamanan diberikan kepada Polres Tabanan dan Kodim 1619 Tabanan.

Pencairan dana tersebut masih berproses untuk dicairkan. Jumlah anggaran yang diberikan sesuai dengan usulan dari Polres Tabanan dan Kodim 1619 Tabanan. 

Kepala Bidang Politik dan Hukum Kesbangpol Tabanan I Gusti Ketut Surya mengatakan jumlah anggaran Rp 150 juta ini masih berproses. "Intinya sudah siapkan Rp 150 juta, nanti akan diberikan kepada Polres Tabanan dan Kodim 1619 Tabanan," ujarnya, Senin (11/9). 

Menurut dia dana sebesar Rp 150 juta ini  digunakan untuk keperluan pengamanan mulai tahapan pemilu yang sudah berjalan hingga pengamanan saat pencoblosan suara di TPS. "Harapan kami dana ini dapat digunakan sebaik-baik, untuk keberlangsungan proses jalannya pemilu,” jelasnya.

Sementara itu Kabag Ops Polres Tabanan Kompol I Nyoman Sukadana mengatakan untuk pengamanan pileg dan pilpres pihaknya sementara ini masih masih merinci lokasi-lokasi titik pengamanan. Termasuk pula mendata jumlah ketersediaan personel di Polres Tabanan. 

"Ini baru tahapan awal Pemilu dan sedang berjalan. Tetapi personel yang pasti diturunkan sebanyak 520 orang itu khusus untuk pengaman TPS, bila kurang dibantu nanti oleh Polda Bali,” ungkapnya.  

Sejauh ini persiapan menjelang pengaman pemilu dari personel Polres Tabanan masih melalui sistem patroli sambang. Dimana personil mengunjungi titik-titik lokasi aktivitas atau kumpul masyarakat yang disampaikan dengan dialogis. 

Dan tegas Sukadana patroli ini rutin dilaksanakan setiap harinya, biasanya pukul 20.00 wita. Disamping pula beberapa personel juga melakukan patroli di Kantor KPU dan Bawaslu Tabanan.   “Baru pengamanan pemilu seperti itu, dilakukan termasuk personel melaksanakan operasi pekat di malam harinya," tandasnya. 7des

Komentar