nusabali

Kelurahan Peguyangan Gencarkan Bank Sampah

  • www.nusabali.com-kelurahan-peguyangan-gencarkan-bank-sampah

DENPASAR, NusaBali - Kelurahan Peguyangan, Denpasar Utara, gencar menggelar bank sampah di setiap banjar.

Bank sampah ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung pengolahan serta pemilahan sampah berbasis sumber. Pengumpulan sampah kali ini dilaksanakan di Bank Sampah Dahlia, Banjar Benaya, Kelurahan Peguyangan, Denpasar Utara, Minggu (10/9).

Lurah Peguyangan I Gede Sudi Arcana mengatakan giat bank sampah kali ini bertempat di Balai Banjar Benaya. Bank sampah  yang bernama Bank Sampah Dahlia ini dikelola oleh kader PKK banjar setempat serta kelian adat Banjar Benaya yang juga sebagai pelindung Bank Sampah Dahlia.

“Giat pengumpulan atau penimbangan sampah di Bank Sampah Dahlia ini dilaksanakan pada pekan kedua di setiap bulannya. Selain menerima pengumpulan sampah non organik, bank sampah ini juga menerima minyak jelantah yang nantinya juga akan disalurkan ke pengepul Sumber Bumi Menghijau (SBM),” ujar Sudi Arcana.

Sudi Arcana berharap Bank Sampah Dahlia selalu konsisten melaksanakan kegiatan dimaksud. Hal ini karena kegiatan tersebut dapat membantu pemerintah dalam mengurangi pembuangan sampah ke TPA Suwung, Denpasar Selatan.

“Selain itu dari bank sampah ini juga diharapkan agar masyarakat semakin sadar akan pentingnya memilah sampah dari rumah, sehingga dapat mengurangi pencemaran lingkungan dari sampah non organik,” ucap Sudi Arcana.

Menurut Sudi Arcana, sampah yang terkumpul saat ini sebanyak 648,1 kilogram. Semua sampah tersebut akan dijual kembali ke pengepul.

“Dengan adanya bank sampah ini dapat memberikan nilai tambah terhadap sampah yang dihasilkan di masing-masing rumah tangga,” imbuhnya.

Koordinator Bank Sampah Dahlia I Gusti Ayu Mas Sutrisni, menambahkan keberadaan Bank Sampah Dahlia ini memiliki dampak positif bagi PKK, salah satunya bisa menjadi tabungan. Di mana, hasil pengumpulan sampah biasanya dibayarkan sebelum Hari Suci Galungan.

“Hasil pengumpulan sampah dari nasabah bank sampah ini setidaknya dapat dipergunakan untuk pembelian alat-alat upakara. Jadi semakin rajin menabung sampah semakin banyak manfaat yang didapatkan oleh PKK,” ucap Gusyi Ayu Sutrisni. 7 mis

Komentar