nusabali

Jasa Raharja dan Fordigi BUMN Ajak Ribuan Mahasiswa di Bali Bangun Ekonomi Digital

  • www.nusabali.com-jasa-raharja-dan-fordigi-bumn-ajak-ribuan-mahasiswa-di-bali-bangun-ekonomi-digital

DENPASAR, NusaBali.com - Jasa Raharja dan Forum Digital Indonesia (Fordigi) BUMN kembali menggelar roadshow di Universitas Udayana (Unud) Bali, pada Sabtu (9/9/2023). Kegiatan ini diikuti oleh 2.000 mahasiswa dari berbagai jurusan yang 500 di antaranya hadir langsung.

Kegiatan ini mengusung tema ‘The Role of Digital Transformation in Small Medium Enterprises (SMEs)’. Tema ini dipilih karena digitalisasi menjadi salah satu faktor penting dalam membangun ekonomi digital.

Dalam sambutannya, Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja, Munadi Herlambang, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya Jasa Raharja dan Fordigi BUMN untuk mendorong mahasiswa agar berperan aktif menjadi talenta digital berkualitas.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada mahasiswa tentang dunia digital dan membantu mereka mengasah keterampilan yang relevan dengan tuntutan dunia kerja di era digital,” ujar Munadi.

Munadi berharap, kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mempersiapkan mahasiswa di Bali untuk menghadapi era digital.

Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata, mengatakan bahwa transformasi digital dan talenta digital harus disiapkan, tidak hanya di BUMN, tetapi juga di kalangan swasta.

“Oleh karena itu, Fordigi sebagai mitra di Kementerian BUMN mendatangi berbagai perguruan tinggi untuk memberikan kesadaran kepada para generasi muda tentang pentingnya digitalisasi yang mendukung kehidupan manusia di masa depan,” ujarnya.

Kegiatan Fordigi di Universitas Udayana diisi dengan berbagai kegiatan menarik, seperti panel diskusi, sharing session, dan menghadirkan pembicara-pembicara ahli di bidang digital dan teknologi informasi.

Salah satu pembicara yang hadir adalah Co-Founder & CEO dari PT Elang Andalan Nusantara (Elang Group), Indra Utoyo. Indra mengatakan bahwa digitalisasi memiliki peran penting dalam meningkatkan daya saing UMKM.

“UMKM harus memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan digitalisasi, UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan efisiensi operasional,” ujar Indra.

Kegiatan Fordigi Goes to Campus diharapkan mampu meningkatkan kapabilitas dan literasi digital di kalangan mahasiswa. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menciptakan dan mengembangkan talenta digital yang mampu berperan sebagai problem solver isu-isu sosial dan masyarakat bagi lingkungan sekitarnya.

Komentar