nusabali

Indonesia Jadi Pemain Penting Industri Data Center Dunia

  • www.nusabali.com-indonesia-jadi-pemain-penting-industri-data-center-dunia

MANGUPURA, NusaBali.com - Industri data center dunia sedang tumbuh pesat, dengan nilai pasar yang diperkirakan mencapai USD70 miliar pada tahun 2027. Indonesia adalah salah satu negara yang pertumbuhan industri data centernya paling pesat, dengan nilai pasar yang diperkirakan mencapai USD3,65 miliar pada tahun 2027.

Telkom, anak usaha BUMN Telkom Indonesia, berkomitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai pemain penting industri data center dunia. Pada Senin (4/9/2023), Telkom menyelenggarakan NeutraDC Summit 2023 di Laguna Hotel Nusa Dua Bali. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan portofolio dan kemampuan bisnis data center Telkom kepada para investor dan/atau calon klien data center.

Dalam acara tersebut, Direktur Wholesale & International Service Telkom Bogi Witjaksono mengungkapkan bahwa Telkom akan membangun data center di seluruh Indonesia, termasuk di ibu kota negara baru. Telkom juga berkomitmen untuk mengembangkan data center yang ramah lingkungan, dengan menggunakan energi terbarukan.

CEO NeutraDC Andreuw ThAF menambahkan, data center perusahaannya sejak awal dibangun berbasis sustainability energi. Data Center Cikarang misalnya, sudah menggunakan water cooling untuk menjaga suhu udara sejak 2015.

Pemakaian water cooling pada data center telah terbukti mampu menghemat biaya operasional hingga 15 persen dan tidak berdampak ke polusi.

Berdasarkan riset dari The Indonesia Data Center Market, pertumbuhan permintaan layanan data center sampai dengan tahun 2030 dari segment Enterprise, Digital Native Business dan Cloud Service Provider diperkirakan sangat eksponensial baik di pasar domestik maupun regional seiring dengan meningkatnya kebutuhan akses konten.

Potensi pertumbuhan industri data center Indonesia sangat besar. Dengan komitmen Telkom untuk mengembangkan data center yang ramah lingkungan dan berkualitas tinggi, Indonesia dapat menjadi pemain penting industri data center dunia.

Komentar