nusabali

Indonesia Incar Gelar Juara Piala Asia Roundnet di Bali

  • www.nusabali.com-indonesia-incar-gelar-juara-piala-asia-roundnet-di-bali

JAKARTA, NusaBali - Tim nasional Indonesia mengincar gelar juara kategori Men's Squad dalam ajang Piala Asia Roundnet/Asian Roundnet Federation Cup 2023, yang akan berlangsung di Bali, pada 21-24 September. Kejuaraan tersebut diikuti enam Negara, yakni Indonesia selaku tuan rumah, Taiwan, Hong Kong, Jepang, Filipina, dan Australia.

Kejuaraan itu akan mempertandingkan tiga kategori, yakni Men's Squad, Women's Squad, dan Mixed Squad. Indonesia hanya akan berpartisipasi dalam kategori Men's Squad dan Mixed Squad.

"Targetnya kami juara Men's Squad," kata kata Ketua Umum PB PORSI (Persatuan Olahraga Roundnet Seluruh Indonesia/PORSI) Genta Fajar Heriawan, pada acara peluncuran timnas roundnet di Jakarta, Minggu (3/9).

"Negara di Asia yang paling kuat, dan berat dikalahkan yaitu Taiwan, karena memang mereka sudah jauh lebih dulu bermain. Yang kedua Filipina, karena mereka telah mengembangkan roundnet di kampus-kampus," kata Genta Fajar.

Pada kesempatan itu, manajer timnas roundnet Indonesia , Denny Rahmat Ramdani, juga memaparkan soal kesiapan tim asuhannya. Menurut Denny, [ihaknya mempersiapkan 12 atlet putra dan putri. Para atlet itu diambil dengan menggunakan sistem Indonesia Roundnet Rating System (IRRS), yang menghitung poin atlet setiap kali atlet yang bersangkutan mengikuti kompetisi atau pertandingan resmi.

Sedangkan alasan mengapa Indonesia tidak mengirimkan perwakilan untuk berkompetisi di kategori Women's Squad, karena selain tiga atlet di Piala Asia Roundnet itu, saat ini mereka dianggap belum kompeten memainkan pertandingan kompetitif.

Perihal persiapan timnas, Denny menyebutkan, para atlet telah menjalani latihan bersama selama dua bulan terakhir di Kota Bandung. Piala Asia Roundnet 2023 merupakan kejuaraan cabang olahraga roundnet level Asia yang pertama kali digelar, yang akan digelar di Lapangan Timur Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Denpasar.

Ajang itu awalnya akan diselenggarakan di Taiwan pada 2022. Namun, PB PORSI mencoba bernegosiasi dengan Asian Roundnet Federation (ARF) untuk menjadikan kompetisi tersebut digelar di Indonesia. ant

Komentar