nusabali

Aprilia Cetak Sejarah, Kaki Bagnaia Terlindas

Kecelakaan Warnai MotoGP Catalunya

  • www.nusabali.com-aprilia-cetak-sejarah-kaki-bagnaia-terlindas

BARCELONA, NusaBali - Dua pembalap Aprilia Aleix Espargaro dan Maverick Vinales mencetak kemenangan bersejarah pada ajang MotoGP. Ya, dalam balapan MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Minggu (3/9) malam, keduanya sukses finis posisi 1-2.A

Praktis ini untuk pertama kali Aprilia sukses mengakhiri balapan kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor di posisi 1-2. Adapun rider Pramac, Jorge Martin melengkapi daftar rider yang finis tiga besar.

MotoGP Catalunya sendiri sempat mengalami red flag akibat insiden kecelakaan yang melibatkan lima pembalap di Tikungan 1. Beberapa saat usai insiden ini, pimpinan balapan Pecco Bagnaia turut mengalami highside.

Drama itu terjadi pada saat start balapan MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Minggu. Tercatat lima pembalap sekaligus mengalami kecelakaan di Tikungan 1. Semua berawal dari manuver Enea Bastianini.

Bastianini terjatuh saat melibas Tikungan 1 yang membuat dirinya turut menjatuhkan empat pembalap lainnya, yaitu Johann Zarco, Marco Bezzecchi, Alex Marquez, dan Fabio Di Giannantonio.

Tidak berselang lama usai kejadian itu, Pecco Bagnaia yang sedang memimpin balapan mengalami highside. Rider Ducati itu terlempar dari motornya dan dalam tayangan ulang, tampak bagian kaki juara dunia MotoGP 2022 itu terlindas motor Brad Binder dari belakang.

Bagnaia langsung mendapat perawatan di trek dan terlihat dalam kondisi sadar. Dia dibawa ke pusat medis trek menggunakan ambulance  untuk menjalani pemeriksaan. 
Saat balapan dimulai kembali, Bagnaia tidak ada dalam grid, demikian pula dengan rekan setimnya, Bastianini, yang menyebabkan kekacauan di tikungan pertama.

Lalu Vinales sukses merebut posisi terdepan. Dia diikuti rekan setimnya, Aleix Espargaro, dan pembalap Aprilia lainnya, Miguel Oliveira, dari tim RNF Cryptodata.Pada lap keempat, Brad Binder memutuskan menepi setelah mengalami masalah pada motornya. 

Hingga lap kesembilan, duo Aprilia masih menguasai posisi dua terdepan. Aleix Espargaro di posisi kedua dengan keunggulan dua detik hingga pembalap peringkat ketiga, Miguel Oliveira. Quartararo kemudian naik ke peringkat ketujuh. Marquez turun ke peringkat ke-12.

Aleix Espargaro menipiskan ketertinggalan dari Maverick Vinales. Espargaro semakin menjauh setelah mengambil alih tempat pertama. Dia akhirnya sukses finis pertama diikuti rekan setimnya, Vinales dan Jorge Martin.  *

Hasil MotoGP Catalunya 2023

1 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
2 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
3 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP23)
4 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP23)
5 Miguel Oliveira POR RNF Aprilia (RS-GP22)
6 Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP22)
7 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
8 Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
9 Augusto Fernandez SPA Tech3 GASGAS (RC16)
10 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP22)
11 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
12 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
13 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
14 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
15 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
16 Iker Lecuona SPA LCR Honda (RC213V)
17 Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)

Gagal Finis
Raul Fernandez SPA RNF Aprilia (RS-GP22)
Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
Pol Espargaro SPA Tech3 GASGAS (RC16)
Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP23)
Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23)

Komentar