nusabali

Penghobi Pamerkan Bonsai di Eks Pasar Blahbatuh

  • www.nusabali.com-penghobi-pamerkan-bonsai-di-eks-pasar-blahbatuh

GIANYAR, NusaBali - Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kecamatan Blahbatuh memamerkan ratusan bonsai di eks lahan Pasar Blabbatuh, Gianyar.

Pameran bonsai bertajuk Semarak Bonsai Festival ini digelar serangkaian perayaan Hari Jadi Desa Blahbatuh. Ratusan bonsai dipamerkan dari tanggal 28 Agustus hingga 3 September 2023. 

Panitia, I Putu Rajendra mengatakan, pameran diikuti penghobi dari seluruh Bali, ada juga dari luar Bali. Jenis pohon yang dipamerkan beragam dari 7 kelas. Ada beringin, kimeng, santigi, serut, sancang, dan lainnya. 

Rajendra yang akrab disapa Raff Art mengungkapkan, pameran bonsai merupakan pertarungan antar pohon, namun menjadi ajang silaturahmi bagi pemiliknya. Juara bukan acuan dalam pameran bonsai, melainkan ajang bertukar pikiran antar sesama penghobi bonsai.

Menurutnya, bonsai tetap eksis karena sebagai hiburan dan investasi. Di pameran jarang ada pohon yang dijual oleh pemiliknya. “Transaksi biasanya di bursa,” jelas Raff Art, Rabu (30/8). Melihat antusias penghobi dan penggemar bonsai, pameran ini diharapkan bisa digelar secara reguler. 

Lokasi pameran strategis di pusat kota kecamatan, lahan eks Pasar Umum Blahbatuh. Pemkab Gianyar berencana memanfaatkan lahan ini untuk taman. Rencananya taman ini dilengkapi dengan patung Gajah Mada dan Kebo Iwa. 7 nvi

Komentar