nusabali

Shin Tae-Yong Pede Timnas U-23 ke Piala Asia

  • www.nusabali.com-shin-tae-yong-pede-timnas-u-23-ke-piala-asia

Secara teori, peluang Indonesia untuk lolos ke Qatar sangat besar, apalagi kami bermain di kandang sendiri. Mari kita bekerja keras untuk mewujudkan hal itu.

JAKARTA, NusaBali
Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong (STY) percaya diri (pede) timnya mampu lolos ke Piala Asia U-23 2024 di Qatar pada 15 April hingga 3 Mei 2024. Faktor tuan rumah kualifikasi menjadi dasar keyakinan STY mampu lolos ke putaran final.

Timnas U-23 akan jadi tuan rumah Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada 9-12 September 2023. Seluruh pertandingan Grup K akan dimainkan di Stadion Manahan, Solo. Timnas U-23 akan bersaing dengan Taiwan (Chinese Taipei) dan Turkmenistan.

"Secara teori, peluang Indonesia untuk lolos ke Qatar sangat besar, apalagi kami bermain di kandang sendiri. Mari kita bekerja keras untuk mewujudkan hal itu," ujar Shin Tae-yong, di laman PSSI.

Agar lolos ke Piala Asia U-23 2024, Timnas U-23 wajib finis sebagai juara grup, atau merebut status empat runner-up terbaik. Laga pertama menghadapi Taiwan pada 9 September dan Turkmenistan pada 12 September.

Untuk persiapan menghadapi laga tersebut, Timnas U-23 menggelar pemusatan latihan (TC) di Solo mulai 4 September 2023. Sebanyak 27 pemain dipanggil Shin Tae-yong.
Sedangkan pemain naturalisasi asal Belanda Ivar Jenner menyambut antusias pemanggilan tersebut. Ivar Jenner masuk daftar 27 pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong .

"Siap," tulis singkat Ivar Jenner di Instagram Story-nya.

Ivar Jenner bukan satu-satunya pemain naturalisasi yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2023. Ada pula nama Rafael Struick dalam daftar tersebut.

Ajang itu juga memperebutkan tiket ke Olimpiade Paris 2024. Tiga tim teratas pada ajang tersebut akan mendapatkan tiket ke Olimpiade. Perjalanan yang tak mudah karena akan bersaing dengan tim-tim terbaik kelompok umur di Asia.

Sementara itu Shin Tae-yong juga memanggil tiga pemain yang disanksi AFC ke TC Timnas U-23, yakni Titan Agung, Komang Teguh, dan Taufany Muslihuddin. Mereka disanksi AFC imbas aksi tawuran massal Timnas U-22 kontra Thailand dalam final SEA Games 2023 di Kamboja pada Mei 2023. Mereka dijatuhi hukuman larangan enam kali bertanding. AFC bahkan melarang Titan Agung dan Komang Teguh berlaga di Piala AFF U-23. Lantas, apa yang membuat Shin Tae-yong memanggil ketiganya?

"Para pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong kali ini sudah dimasukkan ke BTN (Badan Tim Nasional). Usulan dari pelatih ini akan diajukan, ditanyakan ke AFC karena ada dua pemain yang dihukum AFC tidak boleh main karena SEA Games itu," ujar Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga.

"Jadi, walaupun kita berpikir bahwa itu hanya AFF, itu dianggap sebagai friendly-match, bukan sebagai bagian dari jadwal atau agenda FIFA sehingga kita untuk lebih jelas kami membuat surat ke AFC memastikan bahwa mereka apakah boleh bermain atau tidak," kata Arya Sinulingga.

Arya Sinulingga pun berharap AFC bisa memberikan respons cepat. Pasalnya, Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 akan digelar beberapa pekan lagi, tepatnya pada 9-12 September 2023.

"Mudah-mudahan, dalam beberapa hari ini, sudah ada informasi dan pemberitahuan dari AFC apakah pemain yang dipanggil Shin Tae-yong bisa dimainkan dalam pertandingan timnas yang memang masuk ke dalam jadwal agenda FIFA," kata Arya Sinulingga. *

Komentar