nusabali

Mayjen TNI Harfendi Mulai Jalankan Tugas di Bali

  • www.nusabali.com-mayjen-tni-harfendi-mulai-jalankan-tugas-di-bali

MANGUPURA, NusaBali - Usai serah terima jabatan (Sertijab) bersama dengan 14 pejabat yang menduduki jabatan strategis di Mabes TNI AD (Mabesad) pada, Senin (21/8) Pangdam IX/Udayana yang baru Mayjen TNI Harfendi pun tiba di Bali untuk memulai menjalankan tugasnya. Pangdam pengganti Mayjen TNI Sonny Aprianto ini tiba pada, Selasa (21/8) siang.

Mayjen Harfendi datang bersama istri yang juga merupakan Ketua Persit KCK PD IX/Udayana Ny Tika Harfendi. Keduanya disambut tradisi tepung tawar di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung.

Hadir dalam upacara penjemputan yang dipimpin Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono ini adalah Wakapolda Bali, Irdam IX/Udayana, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, para Danrem Jajaran Kodam IX/Udayana, Kabinda Bali, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana, Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Danlanal Denpasar dan Para Dan/Kabalakdam IX/Udayana, dan undangan lainnya.


"Acara penyambutan tradisi tepung tawar ini mengandung makna sebagai penolak segala rintangan dan bala bencana, serta mensucikan secara lahir batin. Harapannya, pejabat baru yang mengemban tugas di Kodam IX/Udayana terhindar dari segala rintangan, gangguan, mara bahaya dan selalu dalam lindungan Tuhan," ungkap Brigjen Sachono.

Dalam pelaksanaannya, prosesi tepung tawar diawali dengan Pangdam IX/Udayana didampingi Ketua Persit KCK PD IX/Udayana mengambil tempat di antara payung agung, disambut dengan tarian penyambutan selamat datang. Keindahan gerak para penari menggambarkan kegembiraan dan rasa bangga menyambut pimpinan Kodam IX/Udayana dan para tamu yang hadir. Selanjutnya, Kasdam IX/Udayana memasangkan udeng (ikat kepala khas Bali) dan mengalungkan bunga kepada Pangdam IX/Udayana. Udeng atau destar dinilai sebagai simbol dari ngiket manah atau pemusatan pikiran. Sedangkan Ketua Persit KCK PD IX/Udayana Ny Tika Harfendi menerima pemasangan selendang khas Bali dan hand bouquet oleh Wakil Ketua Persit KCK PD IX/Udayana Ny Lusi Sachono.


Usai acara di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Pangdam bersama rombongan menuju rumah dinas jabatan Pangdam IX/Udayana. Hari ini Pangdam Mayjen Harfendi mengikuti serangkaian kegiatan di Makodam IX/Udayana, Jalan Udayana Nomor 1, Denpasar. Mayjen Harfendi merupakan Pangdam IX/Udayana yang ke-42, sebelumnya dia menduduki jabatan Koorsahli Panglima TNI. Jenderal bintang dua ini sebenarnya sudah pengalaman bertugas di Kodam IX/Udayana yang mewilayahi Bali, NTB, dan NTT ini. Dia pernah menduduki jabatan Kasdam IX/Udayana tahun 2021 sampai 2022. Mayjen Harfendi juga pernah menduduki berbagai jabatan, seperti Kazidam XVII/Cenderawasih tahun 2012 sampai 2013. Aslog Kasdam XVII/Cenderawasih tahun 2013. Paban IV/Faskon Slogad tahun 2018. Waaslog Kasad Bidang Renbinminlog tahun 2020 sampai 2021 dan sejumlah posisi strategis lainnya.

Sebagai informasi, Mayjen TNI Harfendi adalah perwira tinggi yang lahir pada 12 Juni 1967 di Bukittinggi, Sumatera Barat. Mayjen Harfendi yang lulusan Akademi Militer (Akmil) 1989 ini berasal dari Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Sementara Pangdam IX/Udayana sebelumnya, Mayjen Sonny Aprianto meninggalkan Kodam IX/Udayana setelah 1,5 tahun sebagai Pangdam IX/Udayana. Ia mendapat kepercayaan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono untuk menduduki jabatan Asintel Panglima TNI. 7 pol

Komentar