nusabali

Pustu Payangan Rusak Berat

  • www.nusabali.com-pustu-payangan-rusak-berat

TABANAN, NusaBali - Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan mengusulkan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Desa Payangan, Kecamatan Marga mendapat perbaikan. Pasalnya, kondisi Pustu sudah tak refresentatif alias rusak berat.

Usulan perbaikan bakal dilakukan tahun 2024 sebesar Rp 440 juta lewat Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik. 

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan dr Ida Bagus Surya Wira Andi mengatakan, proses pengusulan masih proses. Diperkirakan Oktober 2023 bakal rampung untuk kelengkapan pengurusan. "Sesuai RAB (Rancangan Anggaran Biaya) untuk pembenahan Pustu Rp 440 juta," ujarnya, Senin (21/8). 

Usulan perbaikan tersebut diharapkan bisa dieksekusi. Sebab, kondisi Pustu Payangan memang sudah kategori rusak berat. "Mudah-mudahan bisa terealisasi untuk bisa memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat," imbuh dr Andi. 

Soal anggaran di tahun 2023, diakui oleh dr Andi belum ada pengusulan. Meskipun tak dipungkiri kondisi Pustu di Tabanan banyak yang perlu dilakukan penanganan. "Tahun ini tidak ada, tetapi kami terus coba mengusulkan karena ini terkait dengan upaya menjaga layanan kesehatan tetap maksimal di masyarakat," tandasnya. 7des

Komentar