nusabali

Sport Tourism Selam Diikuti 700 Atlet

Ketua KONI Badung Beri Apresiasi Tinggi POSSI Bali

  • www.nusabali.com-sport-tourism-selam-diikuti-700-atlet

MANGUPURA, NusaBali - Sebanyak 700 atlet selam ambil bagian dalam KONI Badung Sport Tourism 2023 cabang olahraga selam. Kejuaraan tersebut dibuka resmi oleh Ketum KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan, dengan ditandai pemukulan gong di Kolam Renang Tirta Arum Blahkiuh, Jumat (18/8) pagi.

Para atlet selam tersebut dari 45 klub di Indonesia, yang terdiri dari 518 peserta finswimming dan 182 peserta open water finswimming. Sedangkan pertandingan nomor selam kolam di Kolam Renang Tirta Arum Blahkiuh, Badung. Lalu nomor selam perairan terbuka di Pantai Muaya, Jimbaran, pada 22 Agustus 2023. 

Menurut Ketum Pengkab POSSI Badung, Anak Agung Ngurah Gede Widarma, pelaksanaan cabor selam akan digelar selama tiga hari penuh, sejak Jumat hingga hari Minggu (20/8). Begitu tuntas nomor selam kolam, kata Agung Widarma, dilanjutkan dengan pada Selasa (22/8) untuk nomor selam perairan terbuka. 

"Antusias peserta angkat banyak, terbukti pesertanya tembus 700 atlet, dari jumlah itu atlet nomor selam kolam memang mendominasi," kata Agung Widarma, yang juga notaris itu. 

Agung Widarma pun memastikan juara umum akan mendapatkan trofi piala, piagam dan uang pembinaan Rp 2 juta. Mereka juga dapat souvenir dari pihak sponsor alpha pants dan mono powerfin dari AB Swim. Selain piala, piagam, dan peralatan selam, runner up mendapatkan hadiah uang Rp 1,5 juta dan peringkat tiga Rp 1 juta.

Sementara ketua umum KONI Badung, Made Nariana mengakui kegiatan sport tourism cabor selam saat ini pesertanya tercatat paling banyak, setelah Kabaddi, Catur, dan Selancar Ombak. Nariana sangat mengapresiasi POSSI Bali. Apalagi, sebelumnya punya kontribusi besar meloloskan banyak atlet untuk Bali dalam babak kualifikasi PON di Jakarta. 

Nariana menegaskan untuk mensukseskan Sport Tourism 2023 KONI Badung. Menurutnya, sukses itu terbaik dalam manajemen organisasi, sukses dalam prestasi, sukses pelayanan kepada semua pihak selama kejuaraan internasional itu berlangsung. 

Sedangkan Ketum Pengprov POSSI Bali, Bagus Partha Wijaya mengapresiasi dan mendukung KONI Badung Sport Tourism Cabor Selam, karena event tersebut sangat cocok di daerah Bali yang memiliki spot destinasi wisata terbaik di dunia. 

“Cabor selam juga bisa mendukung perekonomian daerah melalui kegiatan olahraga yang dikemas dalam sport tourism. Tentunya juga menarik bagi para atlet dalam perkumpulan/klub finswimming di Indonesia,” kata Bagus Partha. 

Bagus Partha pun berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan rutin dan berkelanjutan. Kegiatan ini juga kejuaraan nasional (kejurnas) resmi yang direkomendasikan PB POSSI dan peserta mendapatkan piagam dari PB POSSI. dek

Komentar