nusabali

BI: Triwulan III Ekonomi Bali dalam Tren Meningkat

  • www.nusabali.com-bi-triwulan-iii-ekonomi-bali-dalam-tren-meningkat

DENPASAR, NusaBali - Bank Indonesia (BI) memprakirakan pertumbuhan ekonomi Bali masih dalam tren peningkatan pada triwulan III 2023.

Faktor-faktor utama Bali terus kuat, antara lain periode peak season kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali pada triwulan III setiap tahunnya yang akan memperkuat lapangan usaha (LU) Akomodasi Makan dan Minum (akmamin). Sementara lapangan usaha  transportasi meningkat seiring penambahan frekuensi dan penambahan direct flight atau penerbangan langsung.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, R. Erwin Soeriadimadja menyampaikan Kamis (10/8).

“Lapangan usaha Pertanian  juga dalam tren menguat sejalan dengan mulai beroperasinya bendungan Tamblang di Buleleng dan perkiraan meningkatnya hasil ikan tangkap,” ujarnya.

Namun dia mengingatkan perkiraan pertumbuhan lebih tinggi tersebut tetap menghadapi risiko apabila El Nino memberikan dampak yang cukup dalam.

Dikatakan Erwin Soeriadimadja, BI bersama Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, terus berupaya mendorong berbagai kebijakan untuk mempercepat pemulihan ekonomi Bali. Antara lain di sektor pariwisata, lapangan usaha Pertanian, infrastruktur dan program transformasi ekonomi menuju Bali yang tangguh, hijau dan sejahtera.

Sebelumnya  Badan Pusat Statistik (BPS) merilis menggambarkan ekonomi Bali triwulan II 2023 tetap kuat sebesar 5,60% (yoy), yang lebih tinggi dari ekonomi nasional yang tumbuh 5,17% (yoy).

Lapangan usaha (LU) Konstruksi tetap kuat sejalan dengan hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) Bank Indonesia triwulan II 2023 yang indeks persepsi pelaku usahanya masih tumbuh sebesar 8,88%, lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya yang hanya mencapai 4,44%.

Namun demikian, pertumbuhan Bali triwulan II 2023 melambat dibandingkan triwulan sebelumnya yang mencapai 6,09% (yoy) didorong LU Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum (Akmamin), LU Transportasi, LU Perdagangan, serta LU Pertanian.

Provinsi Bali menjadi peringkat 6 (enam) dibandingkan provinsi lainnya sehingga termasuk dalam level pertumbuhan yang tinggi. K17.

Komentar