nusabali

4 Siswa SMAN 2 Amlapura Wakil Bali di Raimuna Nasional (Rainas) 2023

  • www.nusabali.com-4-siswa-sman-2-amlapura-wakil-bali-di-raimuna-nasional-rainas-2023

AMLAPURA, NusaBali - Empat siswa SMAN 2 Amlapura, Karangasem, lolos ke Raimuna Nasional 2023 atau kemah Pramuka Penegak dan Pandega, di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur, 14 - 21 Agustus 2023.

Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus) SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa yang melepas keberangkatan empat siswa itu, di ruang kerjanya, Jalan Untung Surapati Amlapura, Selasa (8/8). Empat siswa itu, I Gusti Lanang Ngurah Yoga Saputra kelas XII MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) 3, I Kadek Juni Astika kelas XII IPS2, Ni Luh Putu Angelita Vidya Gayatri kelas XII MIPA5 dan Ni Luh Kasih Pratiwi kelas XI/10.

Keempat siswa itu menurut Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa merupakan siswa pilihan dan berlatar belakang prestasi akademik dan non akademik.  Misalnya, Ni Luh Putu Anggelita Vidya Gayatri yang merupakan alumnus SMPN 2 Manggis, juara OSN Karangasem mata pelajaran Astronomi tahun 2022 dan 2023. Sedangkan I Kadek Juni Astika alumnus SMPN 2 Amlapura asal Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem juara OSN Karangasem 2023 mata pelajaran Geografi, dan lain-lain. "Keempat siswa itu sebagai wakil Bali di Raimuna Nasional 2023, akan tampil di beberapa kegiatan," jelasnya.


Raimuna Nasional, kata Puja, bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan kepercayaan diri. Meningkatkan kesadaran mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara, menambah pengetahuan, wawasan pengalaman, dan meningkatkan kualitas Pramuka Penegak, dan Pramuka Pandega se-Indonesia. Raimuna Nasional, lanjut Puja, juga untuk memperkuat tali persaudaraan dan rasa cinta tanah air dan meningkatkan kesadaran merawat keutuhan NKRI.

"Banyak kegiatannya, di antaranya pengembangan mental, pengenalan budaya, diskusi, ceramah, demonstrasi, dan lain-lain," jelas mantan Wakasek SMKN 1 Amlapura asal Desa Selumbung, Kecamatan Manggis, Karangasem ini.

Siswa I Gusti Lanang Ngurah Yoga Suputra menambahkan, kegiatan-kegiatan nanti cukup banyak, di antaranya, simuasli, partisipatif, penugasan, perkemahan, permainan, seminar dan loka karya. "Nantinya dengan mengikuti Raimuna Nasional, kita bisa mengenal kebudayaan daerah lain, begitu sebaliknya, karena masing-masing memperkenalkan kebudayaannya sendiri-sendiri," jelasnya.

Tambahnya, Raimuna Nasional 0merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, dalam perkemahan besar, yang terselenggara setiap 4 tahun sekali. Dengan berkumpulnya anggota Pramuka pilihan se-Indonesia, masing-masing akan membawa kebudayaan daerah dan ketrampilan.7k16

Komentar