nusabali

RSJ Bali Sediakan Pengobatan Tradisional

  • www.nusabali.com-rsj-bali-sediakan-pengobatan-tradisional

BANGLI, NusaBali - Manajemen RSJ (Rumah Sakit Jiwa) Provinsi Bali di Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli, Bangli, kini menyediakan layanan kesehatan (yankes) tradisional. Layanan ini dibuka di Layanan Kestrad (Kesehatan Tradisonal), Selasa (8/8).

Menurut Plt Direktur RSJP Bali, dr Dewa Gde Basudewa SpKj, pelayanan Kestrad mengacu peningkatan yankes mental melalui kearifan lokal. Layanan Kestrad terdiri dari lima jenis layanan, yakni yoga, hipnoterapi, akupressure, obat-obatan herbal (jamu), dan malukat (pembersihan secara niskala).

"Untuk sementara, pelayanan ini menyasar pada masyarakat umum terlebih dahulu. Sembari mengkaji dengan dokter-dokter spesialis, apakah bisa menjembatani pasien yang telah menjalani perawatan medis di RSJ Bali," jelasnya.

Kini, pihaknya sedang menyiapkan kebijakan dan standar pelayanan operasional Kestrad. Kata dr Basudewa, secara umum pelayanan Kestrad di RSJ Bali dengan rumah sakit umum, hampir sama. Yang membedakan, hanya rumah sakit lain belum punya layanan malukat.

Kata dr Basudewa, sebelum peresmian pelayanan Kestrad, RSJ Bali sudah menerapkan pengobatan tradisional ini. Hanya saja pelaksanaannya setelah pasien mendapat persetujuan dari dokter penanggungjawab. Ditambahkan, pelayanan Kestrad di RSJ menangani berbagai keluhan. Dicontohkan, pasien susah tidur hingga cemas atau kekhawatiran berlebih lainnya. Kondisi tersebut bisa dikategorikan gangguan jiwa ringan atau sedang.

"Memang pasien jiwa masih bisa bekerja dan menjalani hari-harinya seperti biasa. Namun, apabila butuh pengobatan bisa ke layanan Kestrad RSJ Bali," sebutnya.7esa

Komentar