nusabali

Gubernur Koster Resmi Buka International Youth Championship 2023

Pecinta Bola Dukung Langkah Gubernur Wujudkan Sport Tourism di Bali

  • www.nusabali.com-gubernur-koster-resmi-buka-international-youth-championship-2023

DENPASAR, NusaBali - Keberpihakan Gubernur Bali Wayan Koster terhadap dunia olahraga sepakbola diapresiasi Chairman Pancoran Soccer Field (PSF) Gede Widiada saat Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini secara langsung membuka International Youth Championship (IYC) 2023 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar.

Pembukaan IYC 2023 ditandai dengan dimulainya pertandingan antara Real Madrid CF U-20 (Spanyol) vs Kashima Antlers FC U-20 (Jepang) pada Soma Kliwon Kuningan, Senin (7/8) malam. Pertandingan perdana IYC 2023 tersebut dimenangkan oleh Real Madrid dengan skor kemenangan 5-3 atas Kashima Antlers.

Kejuaraan International Youth Championship 2023 yang berlangsung pada 7-14 Agustus 2023 di Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar diselenggarakan atas kerja sama antara Pemerintah Provinsi Bali dan Pancoran Soccer Field Group (PSF Group) Jakarta dengan menghadirkan klub sepak bola berkelas dunia, yaitu FC Barcelona U-20 (Spanyol), Real Madrid CF U-20 (Spanyol), Kashima Antlers FC U-20 (Jepang), dan Bhayangkara Presisi FC U-20 (Indonesia).

Sebelum pertandingan IYC 2023 ini dimulai, Gubernur Bali Wayan Koster berkesempatan menyambut kedatangan klub sepak bola dunia tersebut di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, di antaranya 1) FC Barcelona U-20 pada Soma Pon Dungulan, Senin 31 Juli 2023 dengan membawa 19 pemain dan 8 official; 2) Kashima Antlers FC U-20 pada Sukra Paing Dungulan, Jumat 4 Agustus 2023 dengan membawa 25 orang pemain dan 5 official; 3) Bhayangkara Presisi FC U-20 pada Redite Wage Kuningan, Minggu 6 Agustus 2023 pagi dengan membawa 27 orang pemain dan 8 orang official; dan 4) Real Madrid CF U-20 pada Redite Wage Kuningan, Minggu 6 Agustus 2023 sore dengan membawa 22 pemain dan 8 official.

Dibukanya kejuaraan sepak bola International Youth Championship 2023 adalah bentuk komitmen Wayan Koster sebagai Gubernur Bali dalam memajukan dunia sepak bola di Indonesia, khususnya di Bali. Hal ini pula sebagai penanda keseriusan Murdaning Jagat Bali asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini untuk memajukan pariwisata berbasis olahraga di Bali dan menjadi momentum untuk membangkitkan pariwisata Bali pasca Pandemi Covid-19.


Gubernur Koster mengucapkan terima kasih kepada Chairman Pancoran Soccer Field (PSF) Gede Widiada yang telah menghadirkan klub sepak bola berkelas dunia di IYC 2023, seperti FC Barcelona U-20, Real Madrid CF U-20, Kashima Antlers FC U-20, dan Bhayangkara Presisi FC U-20. Saya sudah berdiskusi dengan Pak Gede Widiada, agar International Youth Championship dijadikan sebagai Annual Event setiap tahunnya di Bali.

“Saya juga meminta kepada klub sepak bola FC Barcelona, Real Madrid CF, dan Kashima Antlers FC yang hadir dalam IYC 2023 berpartisipasi sebagai duta Bali di luar negeri untuk semakin memperkenalkan dan mempromosikan Bali sebagai Pulau Dewata yang memiliki kekuatan budaya dan menjadi destinasi wisata utama dunia yang aman, nyaman untuk dikunjungi dengan keramahtamahan masyarakatnya serta keindahan alam yang dimiliki Pulau Bali,” ujar Gubernur Koster.

Mengenai pertandingan yang digelar pada, Senin (7/8) malam antara Real Madrid CF U-20 (Spanyol) vs Kashima Antlers FC U-20 (Jepang) menampilkan permainan yang sangat berkualitas dan memuaskan para penonton serta undangan yang hadir menonton langsung pertandingan di Stadion I Gusti Ngurah Rai. Atas pengalaman Bali sebagai tuan rumah IYC 2023, Gubernur Koster menegaskan Bali sangat siap menyelenggarakan event seperti ini untuk tahun-tahun berikutnya.

Sedangkan Chairman Pancoran Soccer Field (PSF) Gede Widiada menyampaikan secara pribadi selaku pencinta sepakbola sekaligus masyarakat sangat mendukung apa yang disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster untuk menaikan citra Bali khususnya, dan Indonesia pada umumnya dalam bidang sport tourism.

“Saya sangat bangga kepada Bapak Wayan Koster yang kapasitasnya sebagai Gubernur Bali secara langsung meminta kepada klub sepak bola seperti FC Barcelona, Real Madrid CF, dan Kashima Antlers FC untuk menjadi duta agar menyampaikan kepada dunia bahwa Bali di samping sebagai pulau wisata utama dunia, juga telah memiliki tempat olah raga yang bagus dan patut untuk dijadikan sebagai tempat berkompetisi sepak bola internasional,” ungkap Widiada. @ nat

Komentar