nusabali

Mendag Yakin Bisa Tembus Ekspor

Gelar Pameran Produk RI di Meksiko

  • www.nusabali.com-mendag-yakin-bisa-tembus-ekspor

JAKARTA, NusaBali - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar pameran Expo Indonesia en Mexico (EIM) pada 3-6 Agustus 2023 di kawasan World Trade Center, Mexico City, Meksiko. Kemendag optimistis dengan adanya pameran ini para eksportir mampu melakukan ekspansi ke pasar Meksiko.

Adapun peserta pameran EIM terdiri atas Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif, perusahaan swasta, dan pelaku usaha binaan Pemerintah Daerah Provinsi seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Papua Barat.

"Kemendag yakin eksportir Indonesia bisa melakukan ekspansi di pasar Meksiko. Selain itu, lokasi Meksiko yang cukup strategis juga membuka peluang pintu masuk perdagangan bagi produk dan jasa Indonesia ke pasar Amerika Latin dan Amerika Serikat," ungkap Mendag Zulkifli Hasan dalam keterangan tertulis, seperti dilansir detikcom, Senin (7/8).

Ia menjelaskan agenda pameran ini merupakan implementasi dari arahan Presiden Jokowi untuk mewujudkan diversifikasi pasar ekspor khususnya di tengah resesi global yang berimbas signifikan terhadap perekonomian dan daya beli konsumen negara-negara maju. 

"Perhelatan EIM diharapkan mampu membawa Indonesia menuju gerbang perdagangan, investasi dunia, sekaligus memperkuat reputasi (nation branding) Indonesia di kawasan Amerika Latin. Sebagai efek ganda (multiplier effect) dari reputasi tersebut, diharapkan Indonesia akan menjadi salah satu negara mitra dagang kredibel serta pemasok produk dan jasa terpercaya di mata para buyer," lanjutnya.

Penyelenggaraan pameran EIM sekaligus memperingati 70 tahun hubungan bilateral Indonesia-Meksiko sejak 1953 setelah penandatanganan Joint Declaration oleh pemimpin kedua negara. Di ranah global, Indonesia dan Meksiko tergabung dalam beberapa wadah organisasi yang sama seperti United Nations, Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC), G20, serta forum konsultatif antar lima negara terdiri dari Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia (MIKTA) sejak 2013.

Populasi Meksiko sendiri hampir 130 juta jiwa dan produk domestik bruto (PDB) per kapita negara tersebut lebih dari USD 11.000. Hal ini menjadikan Meksiko sebagai mitra prospektif bagi Indonesia.

Duta Besar Indonesia untuk Meksiko Cheppy T. Wartono menyatakan pameran EIM adalah ajang promosi integrasi untuk tiga sektor yakni perdagangan, pariwisata, dan investasi yang pertama kali dilaksanakan di Meksiko.

Diketahui, komoditas ekspor utama Indonesia ke Meksiko terdiri atas kendaraan bermotor dan suku cadangnya, alas kaki, komponen elektronika aktif (electronic integrated circuits), ban mobil, karet alam, produk kertas, dan perhiasan. 

Berdasarkan neraca perdagangan Indonesia terhadap Meksiko di periode Januari-Mei 2023 yang mencatat surplus sebesar US$ 606,4 juta, Meksiko dianggap sebagai salah satu pasar potensial produk Indonesia. Nilai surplus juga sudah terjadi sepanjang tahun 2022 sebesar US$ 1,4 miliar.Didi berharap penyelenggaraan pameran EIM mampu memperluas pangsa pasar produk Indonesia ke Meksiko. 7

Komentar