nusabali

Liga Arab Saudi Terus Memburu Pemain Dunia

  • www.nusabali.com-liga-arab-saudi-terus-memburu-pemain-dunia

JAKARTA, NusaBali - Liga Pro Arab Saudi (LPAS) dipastikan masih akan tetap mendatangkan pemain-pemain top di masa mendatang.

Demikian ditegaskan Direktur Eksekutif LPAS Peter Hutton pada Kamis (3/8) malam. Menurut Daily Mail, klub-klub Arab Saudi mengeluarkan lebih dari 350 juta poundsterling (sekitar Rp 6,73 triliun) di bursa transfer musim panas ini demi membuat LPAS menjadi salah satu yang populer di dunia.

Para pemain dari Real Madrid, Barcelona, Chelsea, Manchester City, Liverpool,  dan Bayern Muenchen berhasil digoda untuk bermain di Arab Saudi. Sedangkan Al-Hilal memberikan tawaran 259 juta poundsterling (sekitar Rp 4,98 triliun) untuk memboyong Kylian Mbappe dari PSG bulan lalu.

"Saya rasa anggarannya sudah ada untuk beberapa tahun lagi, saya tidak lihat kami (liga Arab Saudi) melambat," kata Peter Hutton.

"Saya sudah bekerja di bidang olahraga selama 40 tahun dan saya tidak pernah melihat proyek sebesar, se-ambisius dan berusaha untuk sukses seperti ini. Investasi dari Arab Saudi sangatlah luar biasa. Sungguh akselerasi yang besar," kata Hutton.

Dia menganggap, Eropa masih tetap daya tarik besar bagi dunia sepak bola, tetapi akan bagus bahwa sepak bola memiliki kekuatan di seluruh dunia. Apalagi Liga Arab Saudi mulai dilirik para pecinta sepak bola sejak Al-Nassr merekrut mega bintang global Cristiano Ronaldo setelah hengkang dari Manchester United pada awal tahun ini.

Hutton mengatakan transfer itu menyebabkan 170 negara berbeda menjalin kesepakatan untuk menyiarkan pertandingan Liga Pro Arab Saudi di seluruh dunia.

Sejak saat itu, Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi telah mengambil alih empat klub terkemuka dan menginvestasikan dana demi mendatangkan bakat-bakat terbaik dunia.

Benzema bergabung dengan Al-Ittihad setelah meninggalkan Real Madrid. Sedangkan mantan kapten Liverpool Henderson menyelesaikan transfer ke Al-Ettifaq, yang dilatih Steven Gerrard, musim panas ini.

N'Golo Kante, Roberto Firmino, Ruben Neves, Riyad Mahrez dan Sadio Mane, serta Frank Kessie adalah nama-nama top lainnya yang telah pindah dari kompetisi Eropa ke Liga Pro dalam beberapa pekan terakhir.

Sementara itu, gelandang Barcelona Franck Kessie dikabarkan semakin dekat untuk bergabung dengan klub Arab Saudi Al Ahli, berdasarkan laporan pakar transfer asal Italia Fabrizio Romano.

"Franck Kessie ke Al Ahli, here we go! Kesepakatan verbal telah dicapai dengan Barcelona dengan nilai transfer sekitar 15 juta euro (sekitar Rp249 miliar)," tulis Romano di akun Twitter-nya, Jumat.

Gelandang timnas Pantai Gading tersebut baru satu musim membela Barcelona setelah gabung dari AC Milan dengan status bebas transfer musim panas tahun lalu.

Bila transfernya rampung, maka Kessie akan bergabung dengan Edouard Mendy, Roberto Firmino, Riyad Mahrez, dan Allan Saint-Maximin yang didatangkan Al Ahli lebih dahulu di bursa musim panas ini. ant

Komentar