nusabali

Empat Jembatan di Tabanan Sudah Dibuat Pondasi

  • www.nusabali.com-empat-jembatan-di-tabanan-sudah-dibuat-pondasi

TABANAN, NusaBali - Empat jembatan yang dibangun Pemkab Tabanan sudah mulai dieksekusi. Sebagian telah pada tahap pengerjaan pondasi jembatan. Empat jembatan imbas bencana alam ini ditarget tuntas akhir tahun 2023.

Empat jembatan yang sudah mulai dikerjakan adalah ruas Jembatan Apuan-Marga Kecamatan Marga, kemudian Jembatan Geluntung Kecamatan Marga. Selanjutnya Jembatan Suralaga-Ganter Kecamatan Kediri dan terakhir di Jembatan Banjar Pegebegan-Ganter Kecamatan Kediri.

Salah satu jembatan yang sudah mulai dieksekusi dan menjadi prioritas adalah Jembatan Apuan-Marga. Jembatan jalur vital ini sudah melaksanakan upacara ngeruak pada 7 Juni lalu. Jembatan yang putus dampak dari bencana Oktober 2022 tersebut dianggarkan Rp  11,4 miliar.

Progres pengerjaan sudah di tahap pengerjaan struktur bawah mulai dari pemasangan tiang pancang, bahkan telah dilakukan tahap pengecoran bagian bawah. "Sudah proses pengerjaan, sudah pemasangan tiang pancang. Dan sebentar lagi pengecoran bagian samping," aku Perbekel Tua I Wayan Budi Arta Putra, Jumat (4/8).

Disebutkan pasca pengerjaan jembatan ini arus lalu lintas memang lumpuh. Namun masih ada jalan alternatif yang harus ditempuh sedikit lebih jauh. Yang dari arah Tabanan hendak mau ke Baturiti bisa mengambil jalur ke Desa Payangan, Kecamatan Marga, dan yang dari Baturiti mau ke arah Marga bagian tengah bisa lewat jalur Desa Perean Kecamatan Baturiti.

Selain itu khusus masyarakat yang memiliki aktivitas dekat artinya hanya berjarak kurang dari 1 kilometer dari jembatan mereka ada yang menaruh sepeda motor dua unit di arah barat dan arah timur jembatan untuk memudahkan aktivitas. "Karena ada jalan setapak yang dibuatkan tapi untuk bisa akses jalan kaki saja," terang Arta Budi.

Terpisah Kepala Dinas PUPRPKP Tabanan, I Made Dedy Darmasaputra mengatakan empat jembatan ini pengerjaan sedang berlangsung. Seluruhnya sudah di tahap pengerjaan pondasi jembatan. "Ada empat jembatan yang kita eksekusi tahun ini, dua di Kecamatan Marga dan dua di Kecamatan Kediri," jelasnya.

Dia menegaskan empat jembatan ini ditarget tuntas akhir tahun 2023 atau enam bulan pengerjaan. "Kita harapkan proses pengerjaan berjalan tanpa hambatan dan tempat waktu sehingga secepatnya jembatan bisa berfungsi," harap Dedy Darmasaputra. 7des

Komentar