nusabali

Prediksi Cuaca di Bali Selama Hari Raya Galungan

  • www.nusabali.com-prediksi-cuaca-di-bali-selama-hari-raya-galungan

MANGUPURA, NusaBali.com - Data Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar menyebutkan kondisi cuaca secara umum di wilayah Bali saat Hari Raya Galungan dan Umanis Galungan cerah berawan pada 2-3 Agustus 2023.

Meski demikian, Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar, Cahyo Nugroho menerangkan cuaca di Bali saat Hari Raya Galungan masih terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan secara tidak merata di wilayah Bali bagian tengah.

Sementara angin umumnya bertiup dari arah timur ke tenggara dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 36 kilometer per jam. Lalu, tinggi gelombang laut di perairan utara Bali berkisar antara 0.25 hingga 1.25 meter, di perairan selatan Bali berkisar antara 1 hingga 35 meter, di selat Bali berkisar antara 0.5 hingga 3 meter dan di Selat Lombok berkisar antara 0.5 hingga 3 meter.

“Jika suhu udara berkisar antara 21 hingga 31 derajat celcius dengan kelembapan udara berkisar antara 60 hingga 96 persen,” terang Cahyo pada Selasa (1/8/2023).

Lebih lanjut dijelaskannya, kondisi tersebut disebabkan oleh suhu muka laut di sekitar wilayah Bali yang umumnya berkisar antara 24 hingga 29 derajat celcius dan massa udara basah terkonsentrasi dari lapisan permukaan hingga lapisan 700 mb atau 1.200 meter.

Cahyo memperingatkan kepada masyarakat Bali untuk tetap mewaspadai potensi tinggi gelombang laut yang bisa mencapai 2.0 meter atau lebih di Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian selatan, dan Samudera Hindia Selatan Bali.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan kilat atau petir.

“Masyarakat umum, nelayan, dan pelaku kegiatan wisata bahari mewaspadai potensi peningkatan kecepatan angin serta tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di sekitar perairan selatan Bali. Serta selalu memperhatikan informasi BMKG khususnya peringatan dini cuaca atau iklim ekstrem,” tutupnya.

Berikut ulasan perkiraan cuaca saat Hari Raya Galungan dan  Umanis Galungan cerah berawan pada 2-3 Agustus 2023:

  • Amlapura: Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi, malam, dan dini hari. Sedangkan pada siang hari cuaca diprediksi cerah.

  • Bangli : Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi dan dini hari. Sedangkan pada siang hari cuaca diprediksi cerah dan malam hari diprediksi berawan.

  • Denpasar : Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi, malam, dan dini hari. Sedangkan pada siang hari cuaca diprediksi cerah.

  • Gianyar : Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi, malam, dan dini hari. 
  • Sedangkan pada siang hari cuaca diprediksi cerah.

  • Mengwi: Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi, malam, dan dini hari. Sedangkan pada siang hari cuaca diprediksi cerah.

  • Negara: Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi, malam, dan dini hari. Sedangkan pada siang hari cuaca diprediksi cerah.

  • Semarapura: Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi, malam, dan dini hari. Sedangkan pada siang hari cuaca diprediksi cerah.

  • Singaraja : Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi dan dini hari. Sedangkan pada siang hujan ringan dan malam hari cuaca berawan.

  • Tabanan : Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi dan dini hari. Sedangkan pada siang hari cuaca diprediksi cerah dan malam hari diprediksi berawan. *ris

Komentar