nusabali

Atlet Tarung Derajat Aman Bertanding Tiga Ronde

  • www.nusabali.com-atlet-tarung-derajat-aman-bertanding-tiga-ronde

DENPASAR, NusaBali - Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat Bali) memastikan atletnya aman untuk bertanding tiga ronde dalam babak kualifikasi PON 2024 pada Oktober 2023 di Bandung, Jawa Barat.

Simulasi latihan tanding 3 ronde sering dilakukan saat latihan rutin di GOR Lila Bhuana Denpasar. Sedangkan untuk meloloskan petarung sebanyak mungkin ke PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara, tim petarung Bali akan mendapat pesaing berat dari petarung Jawa Barat. 

Menurut pelatih tarung derajat Bali, Nyoman Dana, Rabu (26/7), pihaknya aman main tiga ronde dan sudah sering dipraktekkan kepada atletnya saat menjalani latihan rutin. Jadi, simulasi latihan juga dibuat mirip dengan waktu durasi bertanding tiap ronde. 

"Kita sudah biasakan bermain selama tiga ronde dimulai saat latihan, jadi kondisi fisik atlet tidak ada masalah. Semuanya aman - aman saja," tegas Nyoman Dana. 

Jadi, dari sisi fisik atlet sejatinya tidak ada masalah, dan secara umum mereka semuanya siap tampil all out selama 3 ronde.  Kata Nyoman Dana, fisik memang menjadi salah satu kunci untuk menunjang bisa tampil dalam performance terbaik. 

"Kami jamin fisiknya tidak ada masalah, dan siap tempur bertanding," tandas Nyoman Dana. 

Menanggapi soal pesaing lawan terberat tentu akan datang dari Jawa Barat, yang memang tempat asal bagi cabor tarung derajat. Untuk itu dia berharap minimal dapat menyamai jumlah atlet lolos PON sebanyak 8 orang atlet seperti saat PON XX/2021 di Papua. 

"Syarat lolos PON yakni masuk hitungan 8 besar, sebab tuan rumah Aceh dan Sumatera Utara sudah lolos otomatis. Dari tiap kelas dicari 10 petarung terbaik," papar Nyoman Dana. 

Nyoman Dana menambahkan, saat ini petarung Bali yang jumlahnya definitif sebanyak 12 petarung telah rutin menjalani latihan bersama 3 kali dalam seminggu. Latihan rutin tiap hari Selasa, Jumat dan Minggu yang dipusatkan di GOR Lila Bhuana Denpasar. Latihannya tiap sore hari pukul 16.00 - 18.30 Wita, selebihnya mereka latihan di pengcab cabor masing-masing tiap hari. dek

Kelas Tarung Putra: 
1. Ngakan Made Dwiana Putra Kelas Tarung 49,1-52 kg
2. Made Reva Lingga Wibawa/Kelas Tarung 52,1-55 kg
3. Rudi Nurudin Kelas Tarung 55,1-58 kg
4. Gede Dicky Handika Putra Kelas Tarung 58,1-61 kg
5. Gusti Ngurah Bagus Merta Wijaya Kelas Tarung 61,1-64 kg
6. Komang Herda Yandika Putra Kelas Tarung 64,1-67 kg
7. Andre Surya Kelas Tarung 75,1-80 kg

Kelas Tarung Putri: 
1. Ni Putu Mitayobi Kelas Tarung 45,1-50 kg
2. Komang Andriani Ayu Kelas Tarung 50,1-54 kg
3. Ni Made Yogi Astrini Kelas Tarung 54,1-58 kg
4. Made Wiwin Kelas Tarung 58,1-62 kg
5. Kadek Krisna Dewi Kelas Tarung 62,1-68 kg

Komentar