nusabali

Banyak Perempuan di Bali Terlibat Narkoba

  • www.nusabali.com-banyak-perempuan-di-bali-terlibat-narkoba

MANGUPURA, NusaBali - Kepala Badan Narkotika Nasiona Republik Indonesia (BNN RI) Komjen Pol Petrus Reinhard Golose mengungkapkan dunia saat ini sedang diguncang peredaran gelap narkotika.

Di dunia saat ini ada lebih dari 296 juta pengguna narkotika. Dari jumlah tersebut 3,6 juta lebih ada di Indonesia.

Para pelaku lebih banyak usia produktif baik laki-laki maupun perempuan. Mirisnya lagi, Bali masuk sebagai provinsi paling banyak narapidana perempuan kasus narkoba. Artinya banyak perempuan di Bali terlibat tindak pidana narkotika.

"Provinsi Bali masuk sebagai salah satu provinsi narapidana perempuan narkotika terbanyak. Ini menjadi konsen saya untuk menekan peredaran gelar narkotika di pulau Bali," ungkap Komjen Golose usai membuka The 12th Bali International Choir Festival yang digelar di Discovery Plaza Hotel, Kelurahan/Kecamatan Kuta, Badung, Selasa (25/7) malam.

Jenderal bintang tiga yang baru saja dikukuhkan sebagai guru besar tetap di STIK Polri ini mengaku menghadapi realitas saat ini BNN terus melakukan berbagai upaya. Salah satunya adalah The 12th Bali International Choir Festival (BICF). Kegiatan ini diikuti oleh 4.000 peserta dari 16 negara.

"Melalui kegiatan ini kita menyampaikan pesan untuk anti narkotika. Banyak persoalan yang kita hadapi kedepan. Yang menjadi tantangan berikutnya adalah New Psychoactive Substance (NPS) seperti Fentanyl yang beredar di Amerika Serikat. Kini sudah ada di Indonesia," beber Komjen Golose yang saat pembukaan BICF kemarin didampingi Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati dan Direktur Artistik Bandung BICF Tommyanto.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mewakili Gubernur Bali menyampaikan bahwa pihaknya berterima kasih atas dipilihnya Provinsi Bali dalam penyelenggaraan kegiatan kompetisi paduan suara internasional ini. Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dalam memerangi peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika, khususnya di wilayah Bali.

"Saya menilai kegiatan paduan suara festival internasional ini sangat berdampak positif dalam upaya pencegahan peredaran narkoba di masyarakat dan saya berharap kegiatan ini menjadi inspirasi bagi masyarakat Bali. Saya bersyukur Bali dijadikan panggung untuk kampanye anti narkotika ke seluruh dunia," ungkap Wagub yang akrap disapa Cok Ace ini. 7 pol

Komentar