nusabali

Terjadi Ledakan di Kapal, Tiga ABK Luka Bakar

Insiden Saat KM Bina Sejati Doking di Pelabuhan Benoa

  • www.nusabali.com-terjadi-ledakan-di-kapal-tiga-abk-luka-bakar

DENPASAR, NusaBali - Tiga orang Anak Buah Kapal (ABK) KM Bina Sejati mengalami kecelakaan kerja di atas kapal yang berlabuh di dermaga barat bagian selatan Pelabuhan Benoa, Kelurahan Pedungan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Selasa (25/7) pukul 09.30 Wita.

Mesin pompa dinamo di dalam kapal ikan milik PT AKFI itu tiba-tiba meledak tanpa sebab yang jelas. Tiga orang korban mengalami luka bakar dan harus mendapatkan perawatan intensif di RS Bali Mandara.

Adapun tiga korban dalam kecelakaan kerja tersebut adalah Riki,23, asal Cilacap, Jawa Tengah selaku KKM, Nandar,31, asal Cirebon, Jawa Barat selaku Wakil KKM, dan Hariyono,57, asal Banyuwangi, Jawa Timur selaku Wakil Kapten. Ketiganya mengalami luka bakar serius.

Untungnya dalam peristiwa tersebut para korban selamat dari maut dan tidak menyebabkan kapal terbakar hebat. Kasi Humas Polresta Denpasar, AKP I Ketut Sukadi dikonfirmasi, Selasa malam mengatakan pada saat kejadian di dalam kapal tersebut ada empat orang. Selain ketiga korban luka-luka satu orang lainnya adalah nakhoda kapal bernama Saring,42, mekanik dan montir. Pada saat itu mereka semua bekerja memperbaiki bagian dalam kapal setelah didoking di pengedokan Minaruci Pelabuhan Benoa.


Keterangan dari saksi Saring yang merupakan nakhoda kapal tersebut pada, Selasa pagi kemarin ada mekanik dari perusahaan memperbaiki radio. Selain itu ada montir mencuci mesin kapal. Sebelum terjadi ledakan, seorang mekanik hendak mengambil solar dalam palka kapal menggunakan pompa dinamo dengan cara menyambung listrik di kapal yang sedang berlabuh di sebelahnya. "Belum sempat menyedot solar yang ada di dalam palka kapal tiba-tiba mesin pompa dinamo meledak. Akibatnya ketiga korban yang berada dekat dengan mesin tersebut menderita luka bakar," ungkap AKP Sukadi.

Menerima laporan tentang adanya kejadian tersebut aparat Polsek Kawasan Pelabuhan Benoa mendatangi lokasi untuk melakukan penyelidikan. "Hingga saat ini belum diketahui secara persis penyebab mesin pompa itu meledak. Barang bukti sudah diamankan. Lokasi dipasang garis polisi. Sementara para korban masih dalam perawatan di RS," pungkasnya. 7 pol

Komentar