nusabali

OJK Tingkatkan Literasi Keuangan di Pedesaan

  • www.nusabali.com-ojk-tingkatkan-literasi-keuangan-di-pedesaan

DENPASAR, NusaBali - Meningkatkan  literasi dan inklusi masyarakat di wilayah pedesaan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara menggandeng Universitas Udayana untuk melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Literasi dan Inklusi Keuangan.

Program ini melibatkan mahasiswa dari 13 Fakultas di Universitas Udayana. Tahun 2023 ini  dilaksanakan di 10 Desa di 8 Kabupaten di Provinsi Bali. Ke -10 desa tersebut adalah Desa Pelaga (Kabupaten Badung), Desa Nongan (Kabupaten Karangasem), Desa Bengkala dan Desa Depeha (Kabupaten Buleleng), Desa Landih (Kabupaten Bangli),

Desa Karyasari (Kabupaten Tabanan), Desa Manistutu (Kabupaten Jembrana), Desa Lodtunduh (Kabupaten Gianyar), Desa Tanglad dan Desa Sekartaji (Kabupaten Klungkung).

Kepala OJK Regional 8, Bali dan Nusa Tenggara, Kristrianti Puji Rahayu, menyampaikan program inklusi dan literasi keuangan bagi masyarakat pedesaan sebagai bentuk sinergi aliansi strategis antara OJK dengan kalangan akademisi di Bali. Tujuannya  untuk meningkatkan literasi dan inklusi terutama di wilayah pedesaan.

“Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022, gap antara tingkat literasi dan inklusi di Bali mencapai 34,55 persen  dengan tingkat literasi  sebesar 92,21 persen dan tingkat inklusi sebesar 57,66 persen," ujar Kristrianti Puji Rahayu, dalam rilis OJK, Senin(24/7).

Sedangkan berdasarkan wilayah terdapat gap tingkat literasi dan inklusi keuangan di wilayah pedesaan di Bali sebesar 39,45 persen.

Sebelum terjun ke desa tujuan KKN, telah diadakan pembekalan umum kepada seluruh mahasiswa peserta KKN, pada  tanggal 8 Juni 2023 bertempat di Gedung Widya Sabha Universitas Udayana. Dilanjutkan pembekalan khusus di OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara pada tanggal 16 Juni 2023 dan 12 Juli 2023.

Selama masa  KKN Literasi dan Inklusi, mahasiswa akan melaksanakan berbagai program dari OJK seperti survei literasi dan inklusi keuangan, pendampingan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), edukasi keuangan kepada siswa di sekolah yang ada di desa. Edukasi tentang kesadaran berinvestasi, edukasi akses permodalan untuk UMKM melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR), tentang kesadaran untuk memiliki proteksi.

Edukasi waspada investasi dan pinjaman online illegal, edukasi kejahatan digital, membantu desa menyiapkan pojok literasi keuangan serta menyusun profil ekonomi desa.

Program KKN Literasi dan Inklusi Keuangan dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 2023 hingga 27 Agustus 2023. K17.

Komentar