nusabali

Anjing Positif Rabies di Denpasar Jadi 11 Ekor

  • www.nusabali.com-anjing-positif-rabies-di-denpasar-jadi-11-ekor

Kasus terbaru terdeteksi di wilayah Denpasar Barat. Ke–11 anjing yang positif rabies tersebut sudah dieliminasi.

DENPASAR, NusaBali
Kasus anjing positif rabies di Kota Denpasar terus bertambah. Hingga Rabu (19/7), jumlah anjing yang dinyatakan positif rabies totalnya mencapai 11 ekor. Tambahan kasus positif rabies pada anjing terjadi di wilayah Denpasar Barat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala UPT Puskeswan Dinas Pertanian Kota Denpasar drh Ketut Ayu Meidiyanti, Rabu (19/7). Dia mengatakan setelah sebelumnya ada tambahan anjing positif di kawasan Setra Badung, kini kembali pihaknya menemukan anjing positif rabies di kawasan Denpasar Barat.

Sehingga sejak Januari hingga 19 Juli 2023, terkonfirmasi sebanyak 11 ekor anjing rabies di Denpasar. Ke–11 anjing tersebut pun sudah dieliminasi agar tidak membahayakan masyarakat dan menyebarkan virus ke anjing lainnya. “Terakhir kami temukan di wilayah Denpasar Barat, sehingga total menjadi 11 ekor,” kata Ayu Meidiyanti.

Pihaknya mengatakan, awal ditemukannya kasus rabies pada anjing ini di awal 2023 di Denpasar Selatan. Anjing dengan tingkah yang mengarah ke rabies itu dilaporkan warga karena takut masyarakat setempat akan digigit. Dengan laporan tersebut, pihak Distan langsung melakukan kroscek ke lapangan dan melakukan uji lab pada otak anjing tersebut.

Ternyata setelah dilakukan pengecekan anjing tersebut positif rabies. Setelah Denpasar Selatan, kasus rabies muncul di Denpasar Timur. “Anjing yang terdeteksi terinfeksi rabies. Kami sudah cek ke lab langsung dan kami lakukan tindak lanjut,” imbuh Ayu Meidiyanti.

Saat ini, untuk pencegahan penularan rabies, Dinas Pertanian Denpasar terus menggencarkan vaksinasi ke hewan penular rabies atau HPR. “Vaksinasi door to door masih tetap kami gencarkan. Kalau ada masyarakat yang memiliki anjing belum divaksinasi, bisa menghubungi kami,” ucapnya.

Dia mengatakan, hingga saat ini sudah divaksinasi sebanyak 38.073 HPR di Denpasar. Sehingga cakupan tersebut sekitar 46,3 persen dari populasi. Untuk populasi anjing di Denpasar saat ini sebanyak 82.195 ekor. Adapun jumlah populasi anjing tersebut meliputi Denpasar Barat sebanyak 17.334 ekor, Denpasar Selatan sebanyak 24.631 ekor, Denpasar Timur sebanyak 17.082 ekor, dan Denpasar Utara sebanyak 23.148 ekor. 7 mis

Komentar