nusabali

Perpani Gembleng 16 Atlet ke Asian Games

  • www.nusabali.com-perpani-gembleng-16-atlet-ke-asian-games

BOGOR, NusaBali - Pengurus Pusat Persatuan Panahan Indonesia (PP Perpani) menyiapkan 16 atlet untuk Asian Games XIX/2022 (2023) di Hangzhou, China, pada 23 September-8 Oktober.

"Kami memiliki 24 atlet di Pelatnas. Dari 24 atlet ada 16 atlet yang kami usahakan tampil di Asian Games Hangzhou," ujar Wakil Ketua II Bidang Pembinaan dan Prestasi PP Perpani Abdul Razak, di sela pembukaan Kejurnas Panahan Junior 2023 di Lapangan Jakarta Japanese Club Ground Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/7).

Razak mengungkapkan ke-16 nama atlet untuk Asian Games Hangzhou sudah diajukan ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan rincian masing-masing empat atlet recurve putra dan putri, serta empat pemanah compound putra dan putri.

Perpani berharap atlet Indonesia dapat meraih medali pada pesta olahraga terbesar di Asia edisi ke-19 tersebut. Hal itu penting karena Asian Games 2022 untuk cabang olahraga panahan merupakan bagian dari kualifikasi Olimpiade XXXIII/2024 Paris, Prancis.

"Target kami untuk recurve di Asian Games Hangzhou adalah meraih tiket Olimpiade 2024 Paris. Untuk itu, atlet harus meraih medali, minimal perak. Sementara untuk compound juga minimal harus bisa meraih satu medali," ujar Razak.

Guna mencapai target tersebut, Perpani berencana mengirim atlet Indonesia untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan selama satu bulan jelang tampil di Asian Games Hangzhou.

Negeri Ginseng, kata Razak, dikenal menghasilkan pemanah terbaik di dunia. Saat ini, atlet Indonesia juga berada di bawah asuhan pelatih asal Korea Selatan Park Younggeol.

"Sebelum ke Asian Games Hangzhou, kami kirim ke Korea selama satu bulan. Kemungkinan atlet akan langsung berangkat dari Korea menuju Hangzhou. Korea saat ini masih menjadi yang terbaik di dunia," pungkas Razak. ant

Komentar