nusabali

Bupati Suwirta Buka Diklat UMKM

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-buka-diklat-umkm

SEMARAPURA, NusaBali - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membuka pendidikan dan pelatihan (diklat) SDM usaha mikro di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu-Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) Klungkung, Senin (17/7).

Diklat dikuti sebanyak 25 peserta. Sesuai agenda, diklat dari tanggal 17 sampai 21 Juli 2023. Peserta diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mengelola usahanya sehingga dapat meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri menjalankan usaha.

Bupati Suwirta mengingatkan peserta tidak sekadar mengikuti pelatihan dan menyelesaikan administrasi saja. Para peserta agar tetap dibina dan diawasi. 


“Jangan membuat usaha yang jenisnya sama. Buat variasi sehingga pasar lebih variatif. Buatlah komunitas dan jangan berjalan sendiri-sendiri,” pesan Bupati Suwirta. Paling utama membangun usaha harus memiliki mental yang kuat, konsisten, dan tertib administrasi. 

Bupati Suwirta mengingatkan berbagai sarana dan alat yang disediakan PLUT agar dimanfaatkan dengan baik. Semua organisasi perangkat daerah (OPD) bisa memanfaatkan sarana di PLUT, namun harus kreatif. Manfaatkan media online untuk melakukan marketing. 

“UMKM tidak akan ada gunanya jika tidak ada pasar. Maka dari itu objek wisata sedang disiapkan untuk mendukung pemasaran produk UMKM,” ungkap Bupati Suwirta. 7 wan

Komentar