nusabali

Gelaran Sanfest Ke-16 Diharapkan Dongkrak Kunjungan Wisatawan

  • www.nusabali.com-gelaran-sanfest-ke-16-diharapkan-dongkrak-kunjungan-wisatawan

DENPASAR, NusaBali - Pemkot Denpasar mendukung penuh gelaran Sanur Village Festival (Sanfest) ke-16 Tahun 2023. Kegiatan tahunan ini diharapkan dapat berimbas dan mendongkrak kunjungan wisatawan di Kota Denpasar.

Plt Kadis Pariwisata Kota Denpasar I Gusti Ayu Laxmy Saraswati, Jumat (14/7), mengatakan pelaksanaan Sanfest merupakan momentum lanjutan untuk kembali mendukung pemulihan pariwisata Bali, khususnya Kota Denpasar. Sehingga secara berkelanjutan dapat mendukung pemulihan ekonomi dan pendapatan daerah.

"Pemerintah Kota Denpasar mendukung terselenggaranya Sanur Village Festival ke-16 yang mengangkat tema 'Amrta Sagara', momentum ini merupakan gayung bersambut pemulihan pariwisata dan ekonomi berkelanjutan," ujarnya.

Dikatakannya, Sanur Village Festival (Festival Desa Sanur) pertama kali digagas pada 2005 dengan tujuan meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam kegiatan pariwisata. Festival yang digelar di kawasan Pesisir Sanur ini menjadi ruang untuk menjembatani antara gerak masyarakat, baik dalam program yang bertumpu pada kehidupan pantai maupun pariwisata.

Sanur, yang terkenal dengan keindahan pantai dengan panorama matahari terbit yang menawan selalu menjadi pemikat bagi wisatawan lokal maupun internasional untuk berkunjung. Awalnya, di 1932 seorang seniman asal Belgia bernama Adrean Jean Majeor The Markpres singgah di Pulau Bali. Dia menikahi gadis Bali bernama Ni Nyoman Polok. Seniman ini menuangkan Pantai Sanur dalam karya-karyanya yang kemudian dipamerkan hingga mancanegara.

"Sejak saat itu, pantai dengan ombak tenang ini mulai dikenal masyarakat luar. Dan bahkan saking indahnya panorama Pantai Sanur saat matahari terbit, Perdana Menteri pertama India, Jawaharlal Nehru menjuluki Sanur sebagai Morning of The World," jelas Laxmy Saraswati.

Ditambahkannya, festival desa bertaraf internasional yang akan berlangsung 19-23 Juli 2023 di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar Selatan ini terdiri dari berbagai rangkaian acara seperti beach activities, international kite & Bali kite competition, cultural show, music performances, food festival, dan art exhibition.

"Pemkot Denpasar sesuai dengan visi Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju dengan spirit vasudhaiva kutumbakam memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan Sanur Village Festival ini, sekaligus mendukung pengembangan pariwisata di Kota Denpasar," ucap Laxmy Saraswati. 7 mis

Komentar