nusabali

Berkah Trans Serasi, Tabanan Raih WTN

  • www.nusabali.com-berkah-trans-serasi-tabanan-raih-wtn

Kerja keras Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Pemkab Tabanan menghidupkan angkutan umum dari ‘kematian’ berbuah manis. 

TABANAN, NusaBali 
Selain sukses mengurangi jumlah siswa bawa motor ke sekolah, program Trans Serasi juga diberikan penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) di bidang lalu lintas untuk kategori Kota Kecil. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo kepada Penjabat Bupati Tabanan I Wayan Sugiada di Istana Negara, Rabu (23/12).

Presiden Joko Widodo mengatakan, WTN ditujukan untuk mendorong pemerintah daerah agar terus berupaya meningkatkan penyelenggaraan transportasi di kawasan perkotaan yang andal, berkelanjutan, dan menjamin kesamaan hak pengguna jalan. Khusus bagi Kabupaten Tabanan, WTN diberikan karena upaya mengaktifkan kembali angkutan umum melalui program Trans Serasi. 

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tabanan I Made Agus Harta Wighuna mengatakan, program Trans Serasi dijadikan pilot project oleh Pemerintah Provinsi Bali. Memantapkan program Trans Serasi, pada 2016 mendatang akan dilakukan penambahan armada dengan menyediakan tiga buah bus bantuan dari kementerian. Dari tiga bus ini, dua bus akan beroperasi dari Meliling (Kecamatan Kerambitan) menuju jalan bypass dan kota. Satu unit bus lagi akan beroperasi di Kecamatan Penebel. 

Dikatakan, sejak dioperasikan pada 2014 lalu, program Trans Serasi mendapat sambutan hangat dari masyarakat, terutama kalangan pelajar. Dengan subsidi dari pemerintah, beban masyarakat juga berkurang. “Ada beberapa hal yang melatarbelakangi diluncurkannya program Trans Serasi, seperti tingginya penggunaan sepeda motor oleh siswa di bawah umur, kemacetan di jalan raya serta rendahnya penggunaan angkutan umum yang sempat menjadikan angkutan umum di Kota Tabanan mati suri,” ungkap mantan Camat Selemadeg Barat ini. 7 k21

Komentar