nusabali

Tiga PAUD dan TK di Denpasar Akan Jadi Destinasi Kunjungan Peserta

Konferensi Internasional PECERA Ke-23

  • www.nusabali.com-tiga-paud-dan-tk-di-denpasar-akan-jadi-destinasi-kunjungan-peserta

MANGUPURA, NusaBali - Tiga lembaga pendidikan PAUD dan TK di Kota Denpasar, yakni, TK Negeri Pembina Denpasar yang berlokasi di Desa Dauh Puri Kaja, PAUD Sai Prema Kumara di wilayah Tonja, serta PAUD Widya Santhi di Ubung, akan menjadi destinasi 'school visit' delegasi peserta Pacific of Early Childhood Education Research Association (PECERA) ke-23 tahun 2023, yang sedang berlangsung di Bali.

Hal ini disampaikan Chair of the Indonesian Conference Committee PECERA 23rd Prof Sofia Hartati pada pembukaan konferensi tersebut di Hotel Grand Inna Kuta, Badung, Jumat (7/7). Bertema Strengthening Resilience in Children During Time of Change', pada konferensi ini PECERA bekerja sama dengan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa, Denpasar, dan beberapa kampus lainnya.

Hadir dalam pembukaan itu, Wakil Gubernur Bali Prof Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana serta Bunda PAUD Kota Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara.

"Konferensi internasional PECERA tahun ini berlangsung pada 7-9 Juli 2023. Kegiatan ini dihadiri 300 peserta dari berbagai negara, merupakan praktisi, akademisi, guru PAUD/TK, dan peneliti bidang PAUD yang berasal dari berbagai negara di dunia. Konferensi ini akan diawali dengan 'school visit' pada 4 lembaga pendidikan setingkat PAUD dan TK. Tiga di antaranya ada di Kota Denpasar dan satu di Kabupaten Badung," kata Prof Sofia Hartati.

Adapun asal negara peserta adalah Amerika Serikat, Jepang, China, Australia, New Zealand, Korea Selatan, Singapura, Thailand, Malaysia, Filipina, Hongkong, Taiwan, Buthan, United Kingdom, dan Indonesia.

Sekda Alit Wiradana mewakili Walikota IGN Jaya Negara, mengutarakan harapan agar konferensi ini membawa dampak pada pola pengembangan riset PAUD di Kota Denpasar.

"Kita harapkan para peserta konferensi ini dapat menjalin jejaring serta komunikasi untuk bekerja sama, untuk pengembangan riset PAUD, demi kemajuan pendidikan PAUD secara global, termasuk di Kota Denpasar," kata Sekda Alit Wiradana.

Bunda PAUD Ny Antari Jaya Negara menyatakan bangga 3 lembaga pendidikan usia dini di Kota Denpasar akan dikunjungi oleh para peserta konferensi PECERA 2023.

"Ini sebuah kebanggaan bagi PAUD Kota Denpasar. Mudah-mudahan konferensi ini dapat memberikan manfaat bagi para peserta dan kita semua, terutama dalam proses pengetahuan dan pengalaman seputar PAUD," tutur Ny Antari Jaya Negara.

Pada konferensi tahun ini, jumlah paper yang akan dipresentasikan sebanyak 180 paper, dengan 2 orang keynote speaker Prof Jelena Obradovic dari Stamford University dan Dr Deidre Gartland dari Murdoch University. 7 bin

Komentar