nusabali

Partai Pendukung Ganjar Susun Strategi

  • www.nusabali.com-partai-pendukung-ganjar-susun-strategi

JAKARTA, NusaBali - Partai politik pendukung Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 melakukan pertemuan di Rumah Aspirasi Relawan Pemenangan Ganjar di Jalan Diponegoro 72, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (6/7). Hadir petinggi PDIP, Perindo, dan PPP.

Mereka bertemu untuk membahas grand strategi pemenangan Ganjar. Bahkan, mereka menargetkan kemenangan untuk Ganjar minimal 50 persen plus satu.

"Kami menyatukan langkah barisan bersama di dalam langkah pergerakan pemenangan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif, sehingga ruang lingkup kerja samanya menjadi luas. Setelah itu, saya bertemu juga dengan tim komunikasi yang selama ini banyak membantu Presiden Jokowi untuk bersama-sama mengintegrasikan, baik gerakan pemenangan di udara maupun di darat," kata Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya, Kamis.

Hasto menegaskan PDIP, PPP, dan Perindo memiliki komitmen untuk menggerakan mesin politik partai, dari struktural, eksekutif, dan legislatif, bersama sukarelawan. Hasto menerangkan pula, pertemuan para petinggi Parpol pendukung Ganjar memang dilakukan secara rutin. Elite parpol pendukung memang sudah memiliki kesepakatan sebelum bertemu untuk menguatkan pergerakan di tengah rakyat.

Lantaran PDIP, Perindo, dan PPP ingin membangun narasi kepemimpinan Ganjar. "Bagaimana narasi kepemimpinan, dari Pak Ganjar Pranowo yang merupakan kesatupaduan dari Presiden Jokowi di dalam membangun kemajuan Indonesia Raya kita," jelas Hasto. 

Hasto menegaskan, dalam pertemuan kemarin tidak ada pembahasan bakal cawapres pendamping Ganjar. Menurut Hasto, isu itu merupakan hak prerogatif para ketua umum parpol masing-masing. "Kami menjabarkan seluruh perintah dari ketua umum dan kami paparkan apa saja masukan dari Presiden Jokowi, yang diberikan kepada kami termasuk saya. Karena sebelum puncak peringatan Bulan Bung Karno, saya menghadap Presiden Jokowi, dan beliau memberikan masuk-masukan, arahan-arahan yang tadi kami jabarkan di dalam rapat koordinasi pemenangan Pak Ganjar Pranowo," kata Hasto.

Politisi asal Yogyakarta itu menerangkan dalam pertemuan dijabarkan secara spesifik grand strategi pemenangan Pemilu 2024. "Komponennya untuk mendapatkan dukungan lebih besar dari 50 persen plus satu dari rakyat," tandas Hasto. 

Selain Hasto, dalam pertemuan tersebut hadir pula Ketua DPP PDIP Said Abdullah, Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDIP (TKRPP-PDIP) Ahmad Basarah, dan Wakil Sekretaris TKRPP-PDIP Rizky Aprilia. Kemudian, Sekjen PPP Arwani Thomafi, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi, Bendahara Umum PPP Surya Batara Kartika dan elite PPP lainnya. Lalu hadir juga Sekjen Perindo Ahmad Rofiq bersama petinggi partai tersebut. 

Ahmad Rofiq mengatakan, ada sejumlah poin yang menjadi kesepakatan serta komitmen bersama parpol pendukung Ganjar Pranowo. Salah satunya, soal melanjutkan visi kemajuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta menyusul grand strategi pemenangan Capres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. "Kita bersepakat bahwa apa yang akan dilakukan oleh Mas Ganjar ke depan dalam konteks capres hingga terpilih nanti yang digagas adalah untuk melanjutkan sebuah visi kemajuan yang pada saat ini sudah dilakukan oleh Pak Jokowi," kata Ahmad Rofiq.

Rofiq juga menyebut, turut membahas soal bagaimana melanjutkan pembangunan IKN Nusantara yang menjadi sebuah agenda utama. "Di sisi lain, juga program Pak Jokowi terkait dengan hilirisasi itu akan menjadi bagian dari sebuah komitmen apa yang akan dilakukan oleh Mas Ganjar pada saat memimpin nanti," terang Ahmad Rofiq.

Rofiq menambahkan, bahwa parpol pendukung Ganjar bersepakat pula, bahwa kerja sama politik ini tidak hanya sekedar terkait dengan pemenangan Pilpres 2024. Tetapi, bekerja sama dalam konteks pemilihan legislatif (Pileg) di semua tingkatan agar sama-sama masuk ke kursi DPR RI di Senayan dan memperkuat Koalisi Ganjar di parlemen.

"Kita juga bersepakat dalam soal pemenangan, kita akan menyatukan seluruh kekuatan, baik dalam konteks struktur, caleg, relawan, dan segala hal yang terkait pemenangan yang terkait partai Perindo akan digerakkan bersama-sama dengan partai koalisi untuk memenangkan Mas Ganjar," terang Ahmad Rofiq. k22

Komentar