nusabali

Jaga Teamwork Tetap Solid, Pejabat Gianyar Outbound

  • www.nusabali.com-jaga-teamwork-tetap-solid-pejabat-gianyar-outbound

GIANYAR, NusaBali - Pejabat di lingkungan Pemkab Gianyar mengikuti bimbingan teknis (bimtek) dan outbound bertema "Peran Kepemimpinan dalam Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik" selama empat hari dari tanggal 4 hingga 7 Juli 2023 di Bromo, Jawa Timur.

Bimtek dan outbound ini sebagai usaha menjaga kekompakan agar teamwork tetap solid.

Outbound merupakan kegiatan belajar di alam terbuka melalui media permainan. Semua peserta bisa belajar memahami karakter antar individu dalam kondisi apa pun. Pemateri yakni Inspektur Daerah Provinsi Bali Wayan Sugiada dan Rektor Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia I Dewa Made Krishna Muku. Bimtek dan outbound ini sebagai evaluasi atas kinerja yang telah dicapai maupun yang belum tercapai. Kegiatan diikuti oleh para asisten sekda, kepala organisasi perangkat daerah (OPD), sekdis, dan kabag. Hadir Bupati Gianyar Made Mahayastra, Wabup Agung Mayun, Sekda Dewa Alit Mudiarta, dan pejabat lainnya.

Peserta bimtek dan outbound mengikuti berbagai permainan mulai dari team building, outbound indoor hingga pemberian motivasi dari para fasilitator. Outbound terfokus pada game yang menitikberatkan membangun kerja sama, komunikasi, konsentrasi, fokus, dan ketangkasan. Bupati Mahayastra mengatakan, kegiatan ini untuk menjaga kekompakan dan kesolidan antar OPD. "Seperti yang kita lakukan di Bedugul, semua eselon dua kami ajak bekerja sama. Karena sehebat apa pun bupati kalau tidak didukung tidak akan bisa sehingga kita jaga kekompakan itu," kata Bupati Mahayastra saat membuka bimtek dan outbound, Rabu (5/7).

Ditambahkannya, jika tidak ada kekompakan, apa pun yang dikerjakan sulit tercapai. Contoh ketika pandemi Covid-19, para OPD bekerja sama turun melakukan vaksinasi ke banjar-banjar. "Kami urunan, satu-satunya kabupaten yang tidak memakai anggaran untuk snack termasuk honor. Itu kami lakukan untuk vaksin 1, 2, dan 3. Kami ingin membantu masyarakat," ungkap Bupati Mahayastra.

Diharapkan, melalui outbound ini kekompakan yang selama ini solid dapat terjaga dan ditingkatkan demi membangun Kabupaten Gianyar. "Jadi di sini kita cas (charge) energi, bersihkan pikiran. Sehingga tiga hari ini memberikan manfaat dan kenangan yang luar biasa," ujar Bupati Mahayastra. Acara diisi dengan penyerahan piagam penghargaan kepada OPD yang paling banyak berkontribusi dalam pendataan wajib pajak. Penyerahan raport OPD dan penandatanganan kesepatakan anti korupsi. 7 nvi

Komentar